Wahai PNS Bersyukurlah !!!


Salah satu jenis pekerjaan yang saat ini paling dicari oleh sebagian masyarakat Indonesia adalah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kenapa PNS menjadi idaman bagi setiap orang di negeri ini? Jawabnya tentu saja bermacam-macam, mulai dari Gaji tetap dan tinggi, berhak atas berbagai tunjangan (kesehatan, keluarga, pendidikan, kematian), mendapat tunjangan hari tua, kerja ringan, dan tentu saja gaji akan naik secara berkala.
Berbagai keuntungan itulah yang akhirnya menjadi motivasi dan incaran setiap orang untuk bisa menjadi PNS. Meskipun saat ini jalan untuk bisa meraih status menjadi PNS harus ditebus dengan puluhan bahkan ratusan juta hal itu tidak mematahkan semangat rakyat Indonesia untuk berlomba menjadi seorang PNS di segala macam instansi di negeri ini. Asal menjadi PNS semua pengorbanan para pencari title tersebut seakan terbayar dengan status yang disandang.
Gajian PNS
                                                     
Dalam perjalanan waktu nasib PNS memang semakin membaik, betapa tidak hampir setiap tahun gaji PNS selalu dinaikkan oleh pemerintah. Jika tahun dalam APBN 2012 gaji PNS telah naik 10%, maka untuk tahun 2013 mendatang gaji PNS akan dinaikkan lagi sebesar 7%. Hal tersebut tentu saja merupakan anugerah yang tiada tara bagi para pegawai negeri sipil dalam kategori apapun, baik PNS guru, Pemda, Kementerian, BUMN maupun PNS di instansi lain. Namun, apakah kenaikan gaji tersebut membuat semua PNS senang? Penulis yakin bahwa 90% mengaku senang, akan tetapi sebagian yang lain merasa bahwa kenaikan 7% tersebut dinilai kurang.
Kenaikan gaji seberapapun besarnya, seharusnya disyukuri oleh PNS, karena dipihak lain banyak masyarakat Indonesia yang masih berada dalam garis kemiskinan. Jangankan gaji tetap, untuk makan sehari-hari saja rakyat miskin harus berjuang mati-matian guna mencari sesuap nasi. Bagi PNS yang tidak puas dengan kenaikan gaji 7% seharusnya bisa berkaca pada keadaan yang saat ini dialami oleh kebanyakan rakyat miskin.
Sebagai seorang PNS, kenaikan gaji seharusnya menjadi motivasi untuk bekerja lebih baik lagi serta meningkatkan produktivitasnya bukan malah kurang puas atas kenaikan gaji karena dianggap terlalu kecil prosentase kenaikannya. Kondisi yang kontradiktif juga terjadi dalam dunia PNS di negeri ini. Meskipun gaji PNS hampir tiap tahun mengalami kenaikan akan tetapi kinerjanya malah semakin menurut. Hal tersebut tentu sangat memalukan mengingat mereka digaji dari uang rakyat, namun mereka tidak  mau bekerja dengan sungguh-sungguh demi kepentingan rakyat.
Oleh sebab itulah menjadi sangat tidak relevan jika masih ada PNS yang menanggapi kenaikan gaji yang akan mereka terima dengan nada kurang bersyukur. Yang terpenting saat ini semua PNS harus mau menunjukkan kinerja yang lebih baik bukan hanya memikirkan gaji, karena gaji yang mereka terima saat ini sudah lebih dari cukup.
Wahai para PNS bersyukurlaHHHH…..

No comments:

Post a Comment