Memilih Sekolah


Tahun ajaran baru 2012/2013 akan segara dimulai, itu artinya bagi siswa yang kemarin lulus dari jenjang TK, SD dan SMP harus melanjutkan ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi. Bahkan saat ini seleksi penerimaaan siswa baru melalui jalur pendaftaran online bagi sekolah-sekolah unggulan terutama yang memiliki label sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) telah dimulai.

Memilih sekolah yang baru memang tidaklah semudah yang kita bayangkan. Berbagai hal jelas menjadi pertimbangan orang tua untuk memasukkan putra-putrinya ke sekolah yang diinginkan. Mulai dari masalah biaya, kemampuan anak, kualitas para guru, hingga masalah lingkungan sekolah. Semua itu penting sekali sebagai bahan pertimbangan orang tua untuk memilih sekolah yang terabim bagi buah hatinya.

Harus diakui jika saat ini sekolah unggulan masih menjadi pilihan utama orang tua sebagai tempat belajar untuk anaknya. Salah satu alasannya adalah karena sekolah unggulan memiliki berbagai fasilitas dan sarana prasarana lengkap yang dapat menunjang peningkatan kualitas peserta didiknya. Namun sayang, rata-rata biaya pendidikan di sekolah unggulan sangat mahal sehingga hanya bisa dijangkau oleh orang kaya.

Gambar
Bagi orang miskin menyekolahkan anaknya di sekolah unggulan semisal RSBI jelas hanya merupakan mimpi, karena mereka tidak mampu membayar biaya pendidikannya yang mahal. Meskipun saat ini ada kuota 20% bagi anak-anak orang miskin untuk dapat masuk di sekolah RSBI akan tetapi hal itu jarang dimanfaatkan, karena dalam kenyataannya biaya pendidikannya ketika sudah masuk tetap mahal dan itu tidak bisa dijangkau oleh orang miskin.

Murah Berkualitas
Bagi masyarakat miskin memilih sekolah berkualitas dengan biaya murah tentu sangat sulit. Karena kebanyakan sekolah yang berlabel berkualitas bisa dipastikan biayanya mahal. Oleh sebab itulah bagi bagi orang tua yang kurang mampu bisa memilih sekolah murah namun tetap memiliki standar kualitas yang  baik. Meskipun tidak sebaik sekolah berlabel RSBI, akan tetapi jika di sekolah tersebut memberikan pelayanan pembelajaran yang baik maka bisa menjadi alternatif pilihan.

Selain pelayanan pembelajaran faktor yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan dalam memilih sekolah adalah tenaga pendidiknya. Pendidik berkualitas tidak selamanya hanya ada di sekolah unggulan, di sekolah non unggulan juga banyak terdapat guru-guru yang berkualitas dan profesional. Karena dengan guru yang berkualitas maka akan tercipta peserta didik yang berkualitas juga meskipun dengan fasilitas apa adanya.

Memilih sekolah tidak boleh asal-asalan, karena hal tersebut menyangkut masa depan anak. Selain itu memilih sekolah juga harus disesuaikan dengan potensi, kemampuan serta kemauan anak. Jangan sampai memilih sekolah yang dapat membawa beban karena tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh anak itu sendiri.  Semga anak-anak mendapatkan tempat belajar sesuai dengan keinginan mereka...

No comments:

Post a Comment