Efek Negatif BOS


Bantuan Operasional Sekolah (BOS) selama ini menjadi sumber utama pendanaan bagi kegiatan sekolah.   Keuntungan yang bisa diperoleh dari BOS adalah sekolah sangat terbantu dalam merealisasikan program kerja yang dirancang.
Selain untuk membebaskan biaya pendidikan bagi siswa kurang mampu, BOS juga berguna untuk meningkatkan fasilitas sekolah  serta digunakan untuk menggaji guru GTT/PTT. Namun yang terpenting bahwa adanya BOS memiliki tujuan untuk ammebreikan layanan pendidikan yang bermutu.
Dana BOS

Berbagai keuntungan yang diperoleh dari BOS ternyata juga membimbulkan efek negatif. Dampak negatif adanya BOS adalah bertambahnya beban dan tanggungjawab guru. Guru saat ini tidak hanya disibukkan dengan mangajar, akan tetapi juga disibukkan dengan memikirkan pengelolaan dana bantuan tersebut. Sehingga secara otomatis guru tidak fokus lagi dalam mengajar.
Bahkan dengan rumitnya pembuatan laporan pertanggungjawaban BOS tak jarang mengakibatkan guru menjadi stres, terutama bagi mereka yang memiliki tanggungjawab sebagai bendahara BOS. Jika itu yang terjadi, maka sudah dipastikan bahwa roda pembelajaran akan mandeg. Dan akibatnya siswa menjadi terlantar karena tidak bisa mendapatkan materi pelajaran sebagaimana mestinya. 
Jika hal tersebut dibiarkan berlarut-larut maka yang akan menjadi korban tentu para siswa karena mereka tidak bisa mendapatkan haknya secara penuh. Oleh sebab itulah harus dilakukan langkah-langkah tepat untuk mengatasi persoalan ini demi tercapainya pendidikan yang berkualitas.
Dipermudah
Untuk tahun ini sistem penyaluran BOS memang baru, yaitu dana tersebut tidak langsung diberikan ke sekolah melainkan mampir dulu di kas daerah. Selain itu pola penyalurannya dengan sistem triwulan dan akan cair manakala sekolah telah membuat Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA).
Dari sinilah sebenarnya persoalan muncul, hampir semua sekolah mengeluhkan model pengisian RKA yang sangat rumit dan menyusahkan guru. Belum lagi waktu yang diberikan untuk penggunaan dana BOS relatif pendek. Maka hal itu pula yang akhirnya menyebabkan keterlambatan sekolah-sekolah dalam menyusun laporan penggunaan dana BOS.
Oleh sebab itulah pemerintah hendaknya membuat kebijakan baru yang dapat mempermudah sistem penyaluran dana BOS. Jika tidak dampaknya guru akan lebih banyak berkutat pada persoalan pengelolaan BOS dan melupakan tugas utama dalam mengajar siswa. Jika itu terjadi maka kegiatan belajar mengajar akan semakin terganggu.

No comments:

Post a Comment