Belajar Dari Nabi Yusuf

Assalamu'alaikum...wr...wb

Salam sejahtera semuga puasa kita hari ini, berkah amien...
melanjutkan ringkasan kultum, pada malam ini imam sekaligus penceramah dalam kultum di masjid al Ikhlas BPI Purwoyoso Ngaliyan Semarang adalah beliau Bapak Mohammad Zahri Johan, S.Si, M.Pd


Dalam ceramahnya beliau mengambil tema "belajar dari kisah Yusuf as" dijelaskan beliau bahwa kisah perjalanan hidup nabi Yusuf bisa dijadikan teladan bagi kaum muslimin semua. Baik mulai dari beliau kecil hingga menjadi raja di mesir.


Singkat cerita, Yusuf kecil merupakan salah satu anak nabi Ya'qub yang paling disayang oleh ayahnya.hal itu membuat iri saudaranya. sehingga mereka mempunyai niat jahat kepada Yusuf. terlebih ketika saudaranya tahu akan mimpi yang dialami oleh Yusuf, saudaranya menjadi sangat tidak suka kepada Yusuf, akan tetapi hal itu tak membuat Yusuf benci kepada saudaranya melainkan tetap sayang dan menghormati mereka. Tapi sayang Yusuf akhirnya dibuang oleh saudaranya ke sebuah sumur, yang pada akhirnya ditemukan oleh pedagang yang lewat dan dibawa ke Mesir untuk kemudian dijual.

Yusuf dewasa tumbuh menjadi pemuda rupawan, bukan hanya wajahnya tetapi juga budi pekertinya. Di Mesir ia dijadikan anak oleh Raja mesir. Singkat cerita setelah mengalami berbagai pengalaman hidup yang manis dan juga pahit akhirnya Yusuf menjadi pemimpin Mesir kala itu. Namun menskipun sudah jadi pemimpin ia tetap rendah hati dan selalu membela kepentingan rakyatnya. Bahkan ketika sudaranya meminta bantuan tak ada rasa sedikitpun untuk membalas perlakukan mereka kepada Yusuf.

Dari cerita tersebut, Pak Johan berpesan supaya jamaah masjid al ikhlas bisa mengambil pelajaran. dimana berbuat baik itu harus dilakukan kapan saja, dimana saja, tidak trebatas selama bulan ramadhan. tetapi kebaikan harus dilakukan setiap saat, sebisa mungkin dan semampu kita masing-masing. Lebih-lebih pada bulan ramadahan umat islam harus berlomba-lomba berbuat baik, beramal saleh dan beribadah sebanyak mungkin. karena balasannya berupa pahala akan dilipat gandakan oleh Allah, swt.

Semuga bermanfaat, bagi semua..amien

selamat berpuasa..

Wassalamu'alaikum wr...wb...

No comments:

Post a Comment