Nama-Nama Lain Bulan Ramadhan

Assalamu'alaikum...wr..wb

Salam sejahtera semoga kita senantiasa mendapatkan Rahman dan RahimNYA amien...

Pada kultum tarawih malam ke 5 ini imam sekaligus penceramah adalah beliau Bapak Drs. KH. Syafi'i, AMS, MM. Dalam kultumnya beliau memilih tema tentang "nama-nama lain bulan ramadhan", meskipun hanya menyebutkan empat nama lain bulan Ramadhan, paling tidak hal tersebut sudah cukup pada kesempatan kultum malam ini.


Pertama adalah syahrul ibadah (Bulan ibadah), Pak syafi;i mengatakan bahwa pada bulan ramadhan merupakan saat yang tepat untuk melakukan berbagai amal ibadah, baik yang wajib maupun yang sunnah. Semua amal ibadah tersebut akan dilipat gandakan pahalanya. Oleh sebab itulah merugi bagi umat Islam yang pada bulan ramadhan tidak mengisinya dengan memperbanyak amal ibadahnya.
Syahrul Mubarak

Kedua, adalah syahrul shodaqoh (bulan ibadah), menurut beliau bulan puasa merupakan saat yang paling tepat untuk bersadaqoh karena shadaqoh selama bulan ramadhan lebih utama dibanding ketika shadaqoh pada bulan-bulan yang lain. Baik itu yang berupa shadaqoh wajib (zakat) atau sadaqoh yang tidak wajib (infaq). Semua itu jika dilakukan pada bulan ramadhan maka nilainya akan lebih utama, dan pahalanya juga akan dilipagandakan.

Ketiga, Bulan Pendidikan (Syahrut-Tarbiyah). karena pada bulan ini seluruh umat Islam didik dengan benar untuk menjadi pribadi-pribadi yang muttaqin. Sehingga jika tidak belajar dengan sungguh-sungguh pada bulan ini, maka akan termasuk orang yang merugi, karena pada bulan ini kita dididik langsung oleh Allah SWT. seperti makan pada waktunya sehingga kesehatan kita terjaga. Atau kita diajarkan oleh supaya bisa mengatur waktu dalam kehidupan kita. Kapan waktu makan, kapan waktu bekerja, kapan waktu istirahat dan kapan waktu ibadah.

Keempat, adalah syahrul magfirah (bulan pengampunan). Harus diakui jika bulan puasa adalah saat tepat bagi umat Islam untuk muhasabah sekaligus sarana paling tepat untuk melakukan instropeksi diri atas segala dosa dan kesalahan yang dilakukan selama 11 bulan yang telah lalu. Pada bulan ini pula Allah membuka selebar-lebar pintu ampunannya. Oleh sebab itulah alangkah tidak bijaksananya jika umat Islam menyia-nyiakan kesempatan langka ini.

Selain keempat nama-nama diatas ada berbagai nama lain bulan ramadhan. Namun dengan keempat nama lain bulan ramadhan tersebut sekiranya dapat menyadarkan umat Islam supaya tak henti-henti untuk berbuat kebajikan selama bulan ramadhan berlangsung.

 
Dalam akhir kultumnya Pak Syafi'i, mengingatkan kepada jama'ah untuk terus melakukan kebaikan dan amal ibadah yang banyak supaya ketika ramadhan berakhir umat islam telah memiliki investasi (tabungan) kebaikan yang bisa digunakan pada bulan-bulan yang akan datang..

Semoga bermanfaat...
Selamat berpuasa

Wassalamu'alaikum....wr...wb

No comments:

Post a Comment