Perbaharui Niat Puasa

Assalamu'alaikum...wr..wb

Salam sejahtera semuga kita semua senantiasa berada dalam lindungannya..amin...
Alhamdulilah puasa pertama terlewati dengan lancar..dengan harapan semuga puasa hari ini kita (yang berpuasa) mendapatkan berkah. amien..


Sebagaimana yang telah saya janjikan pada postingan kemarin..saya akan menuliskan ringkasan ceramah pada narasumber dalam kultum tarawih maupun shalat subuh yang saya ikuti..Dalam tarawih yang saya ikuti malam ini, kultumnya adalah tentang "Niat" menjalani puasa yang disampaikan oleh Bapak Drs. Mukhtaruddin, Takmir Masjid Al Ikhlas BPI Purwoyoso Ngaliyan Semarang sekaligus seorang peneliti pada kantor Balai  Penelitian dan Pengembangan Keagamaan (Balitbang) Kemenag RI cabang Semarang.

Dalam kultum singkatnya beliau mengingatkan kepada jama'ah tarawih bahwasanya semua amal perbuatan tergantung kepada niat. Sama halnya dalam menjalankan ibadah puasa, harus dengan niat  yang benar, bukan karena hanya untuk memenuhi kewajiban syariat, atau karena takut kepada orang tua, pamer kepada orang lain, atau untuk mendapat pujian. Niat puasa harus dilandasi dengan penuh keikhlasan hanya mengharap ridha Allah Swt.

Pak Mukhtar juga menyitir salah satu hadist yang intinya adalah pada bulan ramadhan pintu surga di buka, pintu neraka ditutup dan syetan dibelenggu. Maksud dari semua itu adalah, bahwa Allah telah menyediakan pahala-pahala bagi siapa saja yang berbuat baik selama ramadhan dengan simbol dibukanya pintu surga. sedangkan ditutupnya pintu neraka mengandung arti bahwa soimin (orang yang perpuasa) hendaknya tidak melakukan perbuatan jahat yang dilarang Allah. Sedangkan dibelnggunya syetan memiliki arti bahwa kita harus membelenggun hawa nafsu kita agar dapat menjalankan kebaikan dalam bulan suci ini.

Dalam akhir kultumnya, Pak Mukhtar mengajak kepada jamaah sekalian untuk senantiasa memperbaharui niat dalam menjalankan puasa. Niat yang baik adalah niat yang dilandasi dengan penuh keikhlasan dan mengharap ridho Allah semata,  karena  puasa merupakan ibadah misteri yang hanya Allah sendirilah yang nanti akan memberikan balasannya.
Semoga bermanfaat

Selamat berpuasa!!!

Wassalamu'aliakum...wr..wb

No comments:

Post a Comment