Ramadhan, Bulan Obral Pahala

Assalamau'alaikum wr...wb...
Salam sejahtera semoga kita senantiasa mendapatkan berkah puasa di hari kedua ini amien...

Langsung saja, pada postingan kali ini saya akan menulis ringkasan kultum terawih edisi ke 3 di Masjid Al Ikhlas Perum BPI Purwoyoso Ngaliyan Semarang. Pada kesempatan malam ketiga ini Imam sekaligus penceramahnya adalah Bapak Drs. KH. Ahmad Annas, M.Ag, Dosen sekaligus Pembantu Dekan III Fakultas Dakwah IAIN Walisongo Semarang, sekaligus pemiliki KBIH Riyadhul Jannah Semarang.



Dalam ceramahnya Pak Annas mengakatan bahwa bulan puasa merupakan bulan penuh diskon dan obral pahala, karena pada bulan inilah seluruh amal ibadah umat Islam yang melaksanakan puasa akan dilipat gandakan. Ibaratnya kalau dalam istilah belanja di mall ada big sale. Oleh sebab itulah sangat merugi sekali bagi kaum muslimin yang berpuasa jika tidak memanfaatkan momentum penuh obral pahala ini untuk melakukan berbagai macam kebaikan.
Bulan Diskon Pahala
Bukan hanya itu saja beliau memberikan alasannya, mengapa bulan ramadhan disebut bulan penuh obral pahala, hal ini lebih disebabkan karena pada bulan inilah semua pintu surga di buka, pintu neraka di tutup dan syetan dibelenggu. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad dari riwayat Abu Hurairah ra.: Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Apabila tiba bulan Ramadan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu neraka dan setan-setan dibelenggu Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim: 1793 

Dibukanya semua pintu surga, ditutupnya semua pintu neraka dan dibelnggunya semua syetan merupakan sebuah isyarat bahwa umat Islam  dapat dengan bebas melakukan ibadah, berbuat amal kebajikan tanpa adanya gangguan dari syetan yang bisa berakibat pada masuk neraka. Secara otomatis maka umat Islam hanya diberikan sebuah kesempatan untuk masuk ke surga, dan semua itu bisa di dapatkan manakala umat Islam bisa memanfaatkan kesempatan selama ramadhan untuk berbuat baik.

Berbagai kebaikan dalam bulan ramadhan bisa dilakukan oleh umat Islam demi memperoleh berbagai pahala dari Allah swt, mulai dari ibadah wajib seperti shalat fardhu berjamaah secara rutin, amalan sunnah seperti, sadaqah, tadarus al qur,an, iktikaf di masjid, maupun shalat tarawih secara berjamaah. Bahkan khusus untuk salat tarawih pada malam ketiga memiliki keutamaan. Manfaat dan Keutamaan dalam Shalat Tarawih sebagaimana disabdakan Rosulullah SAW. Diriwayatkan oleh Saidina Ali Bin Abi Tholib R.A Dan dikutip dari Kitab : Durrotun Nashihin adalah " Malam ke 03 : Malaikat berseru dari ‘Arsy ” Telah diangkat amal dan dosanya yang telah lalu dan di ampuni oleh Allah SWT."

Diakhir kultumnya Pak Annas menjelaskan, disamping sebagai bulan penuh obral pahala, puasa merupakan sarana paling manjur untuk mengobati penyakit hati. Karena dengan puasa lah umat Islam dituntut untuk menghindari perbuatan-perbuatan yang bisa dapat merusak iman dan taqwa. Artinya umat Islam hanya diperkenankan untuk berbuat amala kebajikan dan ibadah kepada Allah, dengan hal itulah hati akan tenang dan tentram dan jauh dari penyakit hati.

Semoga ringkasan kultum ini bisa bermanfaat bagi segenap teman-teman blogger..amien
Selamat berpuasa

Wassalamu'alaikum...wr..wb
Manfaat dan Keutamaan dalam Shalat Tarawih yang disabdakan Rosulullah SAW. Diriwayatkan oleh Saidina Ali Bin Abi Tholib R.A Dan dikutip dari Kitab : Durrotun Nashihin

Read more at http://uniqpost.com/20402/manfaat-dan-keutamaan-shalat-tarawih/
Manfaat dan Keutamaan dalam Shalat Tarawih yang disabdakan Rosulullah SAW. Diriwayatkan oleh Saidina Ali Bin Abi Tholib R.A Dan dikutip dari Kitab : Durrotun Nashihin

Read more at http://uniqpost.com/20402/manfaat-dan-keutamaan-shalat-tarawih/

No comments:

Post a Comment