Ramadhan = Jihad, Ijtihad dan Mujahadah

Assalamu'alaikum...wr...wb


Teriring doa, semoga rahman dan rahim Allah senantiasa tercurah kepada kita semua, amien dab senuga puasa kita senantiasa berkah dan diterima oleh Allah swt, amien lagii...


Edisi malam ke 11 tarawih malam ini di imami oleh Ustad Muda bernama Johan Arifin, S.Ag, MM, salah satu dosen Fakultas Syari'ah IAIN Walisongo Semarang. Dalam kultum kali ini beliau mengambil salah satu tema tentang keutamaan bulan ramadhan. menurut beliau  bulan ramadhan itu adalah Syahrul Jihad, Syahrul Istihad dan Syahrul Mujahadah.

Pertama, Syahrul Jihad, bulan puasa dan adalah bulan dimana umat Islam melakukan perjuangan secara fisik. Dalam hal ini Pak Johan Arifin memberikan gambaran bahwa dalam bulan ini banyak kejadian penting yang berkaitan dengan perjuangan fisik umat Islam. Perang Badar terjadi pada bulan Ramadhan, Fatkhul Makkah juga terjadi pada bulan puasa, Islam masuk Andalusia (Spanyol)   juga terjadi bulan suci Ramadhan, Mesir menakklukan Israel juga pada bulan puasa, dan juga Kemerdekaan Republik Indonesia juga bertepatan dengan 17 Ramadhan. Jadi intinya pada bulan ini terjadi persitiwa sejarah dan kemenangan umat Islam dalam perjuangan. 
bulan mulia
 Dalam konteks kekinian, jihad umat islam ketika puasa adalah bereprang emlawan hawa nafsu untuk tidak melakukan perbuatan yang dapat membatalkan ibadah puasa seperti, makan, minum dan melakukan perbuatan terlarang lainnya. Semua perbuatan dan laku itulah merupakan salah satu bentuk jihad  umat Islam ketika berpuasa.


Kedua, Syahrul Ijtihad, pada bulan ini umat Islam dituntut untuk bisa memahami ajaran Islam bukan hanya sebatas kulit luarnya saja, melainkan juga bisa memahami sampai makna yang terkandung dalam ajaran tersebut. Membaca al Qur'an di bulan suci ini sangat besar pahalanya, namun akan lebih besarlagi jika umat islam mau mendalami makna apa yang sedang dibaca umat Islam. Intinya bulan puasa merupakan bulan ijtihad, dimana umat Islam dituntut belajar mengasah akal pikirannya untuk memahami ajaran Islam dengan benar.


Ketiga, Syahrul Mujahadah, pada bulan ramadhan inilah merupakan momentum yang paling tepat untuk mengasah hati dan jiwa kita agar senantiasa lebih dekat dengan Allah. melalui laku jihad, dan ijtihad diharapakan akan lahir mukmin yang mau senantiasa melakukan mujahadah sehingga di akahir ramadhan Ramadhan umat Islam dapat mendapatkan predikat Muttaqin.


Semuga pada bulan ini, kita semua bisa menerapkan laku Jihad, Istihad dan Mujahadah dengan harapan di akhir perjuangan kita yaitu akhir ramadhan kita bisa mendapatkan kemenangan, yaitu hari raya dan benar-benar menjadi Muttaqin.


Wassalamu'alaikum, wr..wb

No comments:

Post a Comment