Masjid Vs Maal Saat Akhir Ramadhan

Assalamu'alaikum ...Wr...wb

Salam Sejahtera semoga kasih dan sayang Allah senantiasa tercurah kepada kita semua, khususnya bagi umat Islam yang senantiasa menjalankan ibadah puasa di hari-hari terakhir ramadhan. Karena pada akhir ramadhan biasanya ibadah yang dilakukan umat islam tidak sesemangat ketika awal ramadhan, tetapi semangat itu berganti kepada semangat untuk menyambut hari raya. 




Menarik memang apa yang disampaikan oleh Bapak Mochammad Farthon dalam ceramah kultumnya malam kemarin. Ia mengatakan bahwa di akhir ramadhan ada perebdaan yang sangat mencolok antara di Masjid dengan di Mall..perbedaan tersebut adalah jamaah di masjid mengalami kemajuan, yaitu semakin sedikitnya orang yang mau shalat tarawih..sedangkan di mall-mall jamaahnya (pengunjungnya) semakin mundur. Mundur artinya antriannya semakin banyak sehingga semakin mundur...

Perbanyak Ibadah

Fenomena semacam ini memang bukanlah hal yang baru di bulan ramadhan, terutama di hari-hari terakhir ramadan menjelang lebaran. Umat islam bukan disibukkan untuk meningkatkan ibadahnya,,tetapi malah disibukkan dengan memberbanyak berbelanja di mall-mall, swalayan, pasar-pasar  dan tempat berbelanja lainnya dalam menyambut datangnya idul fitri 1433 H.


Sebenarnya menyambut datangnya lebaran, sah-sah saja untuk berbekanja, akan tetapi jika hal tersebut justru meninggalkan ibadah di 10 hari terakhir bulan ramadhan, maka hal tersebut menjadi kurang tepat. apalagi 10 hari terakhir bulan ramadhan merupakan saat-saat terpenting untuk meningkatkan nilai ibadahnya. karena diyakini bahwa di akhir-akhir ramadhan lah terdapat malam lailatul qadar. dan siapa yang bertemu dengan malam tersebut berarti dia termasuk yang paling beruntung.

Untuk itulah bagi umat Islam, hendaknya tidak menurutkan kesenangan semata di akhir ramdhan, akan tetapi kembali untuk merenung dan kembalai sadar bahwa meningkatkan amal ibadah di akhir ramadhan lebih penting dari pada berebelanja kebutuhan lebaran ettapi malah meninggalkan ibadah. Mari kembalikan masjid agar sesak dan penuh dan semakin mundur jamaahnya..agar masjid kembali makmur dengan ibadah umat Islam...

Semoga bermanfaat
wassalamu'alaikum...
 

No comments:

Post a Comment