Ramadhan Penuh Hikmah

Assalamu'alaikum....

Salam sejahera kucapkan semoga kita semua senantiasa mendapatkan kasih dan sayang Allah, swt amien...
meskipun baru datang dari perjalan jauh, tepatnya pulang kampung jelang lebaran, akhirnya sampai juga di semarang kembali tepat sebelum adzan magrib berkumandang. 


Dalam postinga kali ini, saya mau meriview tentang isi ceramah kultum yang disampaikan oleh Bapak Drs. H. Bambang Widyanto, MM, Ka.Biro. SDM Bank Jateng. Dalam ceramah singkatnya Pak Bambang menguaraikan tentang hikmah dibalik bulan puasa yang seringkali terlupakan oleh kita semua. Diantara hikmah tersebut adalah Semakin eratnya tari silaturrahmi antar umat Islam. Menurut pak Bambang moment puasalah yang bisa mengakrabkan dan merekatkan kembali tali silaturrahmi umat islam, melalui jamah shalat tarawih.
Ramadhan Penuh Hikmah

Dengan menjalankan shalat tarawih bersama, secara tidak langsung akan mempertemukan seseorang dengan temannya, tetangganya, kolega kerja, dan siapa saja. Dengan pertemuan itulah akahirnya terjalin komunikasi yang baik diantara orang-orang yang sebelumnya sibuk dengan pekerjaan di kantor masing-masing. Melalui shalat tarawih pula akan hadir nuansa santai dalam membicarakan hal apapun tak terkecuali masalah politik, sosial, ekonomi, budaya dan sebagainya. Dan semua itu akan dibicarakan dengan santai, tidak saat diluar bulan suci ramadhan yang penuh dengan tensi tinggi jika membicarakan masalah-masalah negara ini.

Selain akan mempererat tali silaturrahmi, Ramadhan juga akan memberikan hikmah yaitu dipermudah rejekinya. Siapa saja yang berpuasa tentu akan merasakan mudahnya mendapatkan rejeki pada bulan ini. contoh saja meskipun tidak memiliki uang untuk berbuka puasa, namun ketika berada di masjid maka akan menemukan berbagai takjil berbuka, hal itu menunjukkan bahwa memang pada bulan ramadhan pintu rejeki dibuka selebar-lebarnya oleh Allah dengan berbagai jalan yang tidak dikira-kira. Kedua hikmah diatas hanyalah sebagian kecil dari berbagai hikmah yang ada di bulan Ramadhan.

Untuk itulah sangat harus kita pahami bersama bahwa Ramadhan disebut bulan penuh hikmah, karena memang mengandung berbagai hikmah yang terkadang tidak bisa disadari oleh orang-orang yang menjalankan puasa sekalipun. sehingga sangat tepat sekali jika ibadah puasa ramadhan disebut Allah sebagai ibadah paling misteri...

Semoga bermanfaat, amien
Wassalamu'alaikum...

Post a Comment