Sariawan, Bikin Kacau

Aduhh..aduh..aduh....seakan sudah menjadi kebiasaan lama, jika Sariawan datang maka segala sesuatunya menjadi kurang mengenakkan, terutama bibir jadi sakit, makan gak enak, berbicara pun jadi sulit...aduh-aduh pie kie..???


Sariawan memang merupakan salah satu penyakit yang hampir pernah dirasakan oleh setiap orang, baik dari golongan orang kaya, agak kaya, miskin dan super miskin, tua, agak tua, muda dan anak kecil hingga bayi, laki-laki, agak laki-laki dan agak perempuan (namanya apa ya...??) semua pasti pernah merasakan yang namanya sariawan. Memang penyakit ini tidak pandang bulu, baik bulu manusia maupun bulu binatang (hehehehe)..pokoknya kalau memang ingin menyerang ya langsung diserang penderitanya. Bisa di bibir, di lidah, tenggorokan...


Menurut Wikipedia Seriawan (disebut pula sariawan) atau stomatitis aftosa (stomatitis aphtosa) adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya Seriawan ini disertai rasa sakit yang tinggi. Seriawan merupakan penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan. Sekitar 10% dari populasi menderita dari penyakit ini, dan wanita lebih mudah terserang daripada pria.

Di bulan ramadhan seperti ini terkena sariawan memang terasa tidak mengenakkan, karena bibir jadi sakit, kalau pas buka puasa makan juga sakit..ya jadi serba gmn gitu...biasanya sih kalau aku sariawan pas tidak waktu puasa biar cepet sembuh katane orang-orang disuruh makan sambel yang pedes dan kecap. pas kena ampun deh sakitt....atau nek menurut yang punya warung makan langgananku disuruh minum Adem Sari...nek menurut istriku sih disuruh minum Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga...   

Ya pada prinsipnya ini Sariawan memang bukan penyakit yang berbahaya, hanya saja jika dibiarkan akan mendatangkan bahaya juga...hehehehe bahayanya makan jadi gak enak, kalau makan gak enak jadinya ya malas makan, kalau sudah malas makan, bisa-bisa jadi sakit..jadi semoga sariawan yang kudierita ini segera sembuh, apalagi ini mau idul fitri 1433 H, jika tidak sembuh pada saat yang tepat bisa-bisa gak bisa merasakan enaknya menu lebaran nih..hehehehehe..

Ini ada tips menghindari Sariawan...semoga bermanfaat


 

No comments:

Post a Comment