Nikmatnya Onde-Onde untuk Berbuka Puasa

Tadi malam Bapak Mertua datang karena harus kontrol di Rumah Sakit Kariadi, Karena habis operasi Bapak untuk sementara dilarang makan-makan yang kasar, tak terkecuali nasi. Oleh sebab itulah sejak semalam Istri berpesan agar pagi-pagi bapak dicarikan bubur sumsum sebagai menu sarapan pagi. Dan pagi tadi sekitar pukul 06.00 akupun meluncur ke pasar Ngaliyan, karena penjual bubur belum datang akhirnya kuputuskan ke Pasar Jrakah.


Di sana penjual sudah datang dan aku pesan bubur sumsum 3000, sebelum membeli nasi buat sarapan istri aku melihat jajajan yang memang menjadi kesuakaanku sejak kecil. Jajanan itu adalah Onde-Onde. Ya jajanan yang berbentuk bulat, dengan isinya biasanya adalah kacang hijau yang telah dihaluskan, dibagian luarnya ditaburi wijen. Onde-onde tersebut jelas menarikku untuk membelinya, karena kebetulan uang yang kubawa tinggal 4000 dan harganya sebijinya adalah 1000 rupiah, maka ku hanya membeli tiga biji sedangkan sisa uang yang seribu buat parkir hehhehehe

Onde-onde

Sesampainya dirumah aku tunjukkan kepada istri, dia bilang itu onde-onde buat siapa? ku jawab buat Umy... hehehehhe padahal sejatinya aku juga pingin, berhubung karena ini hari senin, dan sesuai dengan kebiasaanku kalau hari Senin dan Kamis aku puasa, maka memang kubeli onde-onde sengaja  buat istri karena dia juga suka ma jajanan onde-onde.

Tapi setelah ku pulang mengajar, ternyata onde-onde masih dua, artinya umyna Noofa cuma maka sebiji. Bahkan ketika magrib tiba, onde-onde tersebut masih utuh dua. Karena sudah waktunya berbuka puasa aku ijin ma istri apakah boleh ku makan onde-onde tersebut, ternyata istri memperbolehkan. Dan langsung saja ku sikat sebagai menu berbuka puasa hari ini, ditemani segelas air cukup untuk menu buka puasa hari ini. Dan makan onde-onde mengingatkan saat aku masih sekolah di MI dulu, saat itu karena sekolah bersebelahan dengan pasar, dan nenek juga sering ke pasar, maka setiap ketemu nenek pasti dibelikan onde-onde kesukaanku.

onde-onde ketan hitam

Dan inilah kira-kira resep dan cara membuat onde-onde yang aku search dari mbah google:

 Onde Onde adalah salah satu jajanan pasar yang sederhana, Namun, kue ini selalu jadi favorit terutama saat masih hangat. Onde Onde biasanya disajikan bersama minum kopi atau teh. Onde Onde memiliki kulit yang renyah gurih dengan aroma wangi wijen dan adonan isinya legit empuk. Kali ini kita akan membuat Onde Onde dengan Isi Kacang Hijau. Nah, berikut adalah Resep Cara dan Membuat selengkapnya:
Bahan Onde Onde:
250 gr kacang hijau tanpa kulit, rendam air dingin selama 4 jam
1/2 sdt garam
100 g gula pasir
1/4 sdt vanilla bubuk
Kulit Onde Onde:
500 g tepung beras ketan
75 g tepung beras
250 g gula pasir
1/2 sdt vanilla bubuk
1 sdt garam
air hangat sekitar 150 ml
200 g wijen putih
minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Onde Onde:
Isi:
  • Rebus kacang hijau dengan api kecil sampai empuk.
  • Tambahkan gula dan vanilla essence, aduk rata.
  • Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil aduk sampai empuk dan mengering.
  • Angkat dan sisihkan. 
Kulit:

  • Campur tepung beras ketan, tepung beras, garam, dan vanilla bubuk, aduk rata.
  • Panaskan air hingga panas tetapi tidak sampai mendidih. Angkat.
  • Tuang air sedikit demi sedikit ke campuran tepung, aduk rata sampai menjadi adonan yang bisa dipulung.
  • Ambil 2 sdm adonan tepung, pipihkan di tangan hingga membuat cekungan.
  • Isi dengan adonan kacang hijau, tutup dan bulatkan kembali menjadi bola-bola.
  • Celupkan dalam air dingin.
  • Gulingkan pada wijen (tekan tekan sedikit), putar-putar dengan 2 telapak tangan sehingga bentuknya bulat dan wijen menempel rata.
  • Panaskan minyak, kecilkan api, goreng onde onde sampai mengapung dan kekuningan
  • Angkat,tiriskan lalu dinginkan

    Dan selamat mencoba dan menikmati onde-onde buatan sendiri, apalagi saat musim hujan begini, makan onde-onde dengah teh ataupun kopi hangat pasti akan terasa special!!!

   

No comments:

Post a Comment