Rapat Manajemen BOS

Bukan rapat biasa, bukan rapat sembarangan karena rapat yang kuikuti menyangkut soal manajeman keuangan sekolah, terutama keuangan yang digunakan untuk membantu kelancaran kegaiatan belajar-mengajar. Yaa hari ini sesuai dengan kesepakatan dan instruksi dari Kepala Sekolah, aku diminta turut serta dalam rapat pengelola dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) jenjang SMA. Meskipun sedari awal aku menolak untuk dijadikan tim ini, akan tetapi karena dipaksa akhirnya aku menyerah juga.


Bukannya tidak bertanggungjawab atas amanah yang diberikan oleh Kepala Sekolah, akan tetapi karena budaya di sekolah dimana aku mengajar lah yang membuat aku enggan jika dijadikan tim pengurus manajemen BOS Sekolah. Bagaimana tidak, meskipun tahun sebelumnya aku juga dijadikan pengurus, akan tetapi praktis selama satu tahun kepengurusan sama-sekali tidak diajak untuk mengelola BOS, padahal aku juga sering menanyakan kepada ketuanya apa yang harus aku lakukan dan apa yang bisa aku bantu dalam pengelolaan BOS. Tapi guru-guru senior selalu bilang, gak ada apa-apa pak, kapan-kapan kalau ada kegiatan nanti saya kasih tahu" atau ketika aku tanya tentang kabar BOS, ketuanya sellau bilang wis beress...itulah jawaban yang sering aku dapatkan.
bos

Dan hari ini sesuai dengan kesepakatan, maka dilaksanakan rapat BOS SMA yang cuma dihadiri oleh 4 guru ditambah kepala sekolah.Dalam rapat tersebut, aku hanya bisa menyimak dan mencatat apa yang telah dikerjakan oleh tim selama ini. Karena aku menyadari, aku hampir-hampir tidak pernah dilibatkan dalam hal pembelanjaan dana BOS, untuk apa saja, dan bagaimana caranya. Tahu-tahu biasanya barang-barang yang dibutuhkan sekolah sudah datang. Padahal, aku pingin belajar cara mengelola dana BOS sebaik mungkin. Tapi keinginanku tidak sesuai rencana karena aku jarang dilibatkan.

Acara rapat BO dimulai pukul 12.00 WIB setelah para siswa pulang. Kurang lebih sekitar kurang dari 2 jam rapat berlangsung, yang intinya adalah laporan tentang  penggunaan dana bos untuk keperluan sekolah serta rencana penggunaan dana BOS yang masih tersisa untuk kegiatan pengembangan sumber daya manusia, baik itu buat guru lebih-lebih buat siswa. Dan sekitar pukul hampir jam 2 siang baru selesai,d an setelah selesai aku pamit kepada kepala sekolah dan temen-temen guru untuk pulang.

Sampai dirumah jam 14.30an dan langsung bermain dengan si kecil Noofa. Tapi hanya sebentar karena mendapat telpon dari mas untuk menjemput bapak di agen bus untuk kemudian mengantar bapak menuju agen travel untuk pulang ke Blora.

No comments:

Post a Comment