Rindu Membaca al Barzanji Saat Maulid Nabi

Bulan ini adalah bulan Januari 2013 kalender syamsiah, bertepatan pula dengan bulan Rabiul Awal (Mulud) jika dihitung dengan kalender Qomariyah. Di bulan ini pula dalam Islam sellau diperingati sebagai hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, yaitu tiap tanggal 12 Rabiul Awal. Biasanya hal yang sering dilakukan oleh umat Islam di berbagai daerah adalah membaca al Barzanji setiap malam, mulai dari tanggal 1-12 Rabiul Awal. Namun ada juga yang melakukannya hingga akhir bulan.


Terus terang selama aku meninggalkan kampung halaman di Blora dan menetap di Semarang, budaya membaca al Barzanji ketika bulan mulud hampir-hampir tidak pernah kulakukan. Bukannya aku lupa, atau malas, akan tetapi faktor lingkunganlah yang menjadikan keinginan itu tak bisa kuwujudkan. Padahal sejujurnya jika aku mendengar suara lantunan shalawat dibacakan di masjid-masjid kampung yang berada di sekitar perumahan yang aku tempati hatiku rasanya maknyess...adem..
Gambar dari sini

Saat ini sejujurnya aku ingin merasakan kembali masa-masa dimana aku bisa bershalawat bersama temen-temen di desa. Membaca shalawat di masjid tua yang biasa kami jadikan sebagai tempat shalat, mengaji dan juga sebagai tempat untuk tidur bersama-sama temen-teman di desa. Namun semua itu tampaknya  tidak akan pernah terjadi, karena zaman telah berubah, lagi pula semua teman-temanku sudah memiliki keluarga dan kesibukan sendiri-sendiri, tak terkecuali aku.

Yang bisa kulakukan saat bulan maulud/Rabiul Awal saat ini adalah ikut menyimak dan mendengarkan lantunan merdu shalawat yang dikumandangkan dari berbagai masjid di sekitar tempat tinggalku dan sesekali ikut mengumandangkan shalawat meskipun dalam hati. Semoga di lain kesempatan aku diberikan waktu untuk dapat mengumandangkan shalawat Nabi. Amien
 

No comments:

Post a Comment