Study Tour Magelang-Jogja Part 2

Misteri Dibalik Merapi

Siapa yang tak kenal dengan Gunung Merapi, Gunung api yang paling aktif se Indoensia, bahkan ada yang bilang paling aktif sedunia. Gunung Merapi (ketinggian puncak 2.968 m dpl, per 2006. Gunung merapi terletak antara dua Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, dan terletak antara 4 Kabupaten, Sleman (Yogyakarta), Magelang, Boyolali dan Klaten (Jawa Tengah).

Gunung merapi memang memiliki daya tarik sendiri, mulai dari kegagahannya, keindahahnnya, keunikannya hingga misteri yang melingkupinya. Semua memang membuat penasaran siapa saja yang mendengar tentang Merapi, apalagi jika dikaitkan dengan Juru kunci merapi almarhum Mbah Maridjan, maka rasa ingin mengetahui tentang gunung merapi akan semakin besar.
Museum Merapi

Untuk kali pertama selama hidup melihat dari dekat  gagahnya merapi adalah saat mendapat kesempatan mengikuti Study Tour SLB Negeri Ungaran. Selain Taman Kyai Langgeng yang sudah kuceritakan sebelumnya, salah satu tujuan wisata edukasi yang aku ikuti adalah melihat dengan dekat Merapi memalui Museum Merapi yang berada di daerah Kaliurang Kabupaten Sleman Yogyakarta. Museum Merapi jika ditempuh perjalanan dengan menggunakan Bis dari Taman Kyai Langgeng Magelang kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 1 jam hingga satu setengah Jam.

Melawati desa-desa menuju Museum Merapi menjadikan lamunanku jauh melayang ketika tragedi meletusnya Gunung Merapi terjadi tahun 2010 yang lalu. Desa-desa yang penuh dengan kebun salak adalah pemandangan yang begitu indah, selain itu pemandangan pedesaan yang kebanyakan dikelilingi tanaman sayuran dan juga buah-buahan menjadikan pemandangan wilayah Kaliurang yang memang terkenal adem begitu nyaman untuk ditempati.

Salah satu maket Museum merapi

Menuju Museum Merapi jalannya berkelok-kelok dan naik, maklum saja Museum Merapi memang berada di lereng gunung Merapi. Bahkan ketika sampai disana meskipun agak tertutupi kabut gagahnya gunung merapi tetap terlihat begitu indahnya. Rasa syukur aku panjatkan kepada Ilahai Robbi karena diberi kesempatan untuk melihat secara langsung Merapi. Akupun membayangkan seandainya saat itu Merapi meletus saat itu, pastilah daerah dimana Museum Merapi ada terkena letusannya. Masyaallah....

Memasuki museum merapi, sebagaimana museum yang lain disuguhhi oleh foto-foto dan juga replika gunung merapi lengkap dengan berbagai keterangannya. Foto-foto merapi ketika meletus dan erupsi dari tahun ke tahun sampai letusan yang teranyar 2010 ditanyangkan. Sungguh dahsyat membayangkan letusan Merapi yang terjadi. Paling menakjubkan adalah foto awan panas atau yang lebih terkenal dengan sebutan wedus gembel dan juga replikanya dan keterangan panasnya...sungguh membuat hati ini semakin takjub akan kebesaran yang Maha Esa yang telah menciptakan mahkluknya yang bernama Merapi.

Dan salah satu fasilitas yang paling ditunggu-tunggu tentu saja pemutaran film dokumenter di salah satu ruangan khusus tentang Gunung Merapi lengkap dengan  kondisinya dan saat meletusnya. Sangat menakjubkan sekali. Melihat film dokumenter tentang Merapi menambah pengetahuan sekaligus wawasan tentang Misteri Gunung Merapi. Meskipun dianggap sebagai gunung yang paling berbahaya Merapi juga memberikan banyak manfaat kepada masyarakat disekitarnya, bahkan boleh dibilang Merapi merupakan sumber rejeki masyarakat di sekitarnya...Semoga Merapi tetap penuh misteri..

Yang jelas berwisata sekaligus belajar di Museum Merapi di Kaliurang Kabupaten Sleman memberikan nuansa baru dan pengetahuan yang baru akan gunung paling terkenal, yaitu Gunung Merapi.

No comments:

Post a Comment