Review Buku: Rahasia Menjadi Manusia Kaya Arti



Menjadi manusia yang bisa bermanfaat bagi orang lain tentu merupakan kebahagian tersendiri, oleh sebab itulah sungguh beruntung bagi siapa saja yang telah dikaruniai oleh Allah sebuah kesadaran untuk dapat mengamalkan segala potensi kebaikan yang dimiliki seseorang untuk kemudian bisa berbagi dengan orang lain. Hal tersebut tentu sangat memberikan arti tersendiri dalam kehidupan ini.


Di dalam ajaran Islam dijelaskan pula bahwa derajat kemuliaan seseorang tidak hanya bisa dilihat dari ketekunannya dalam menjalankan ibadah, akan tetapi kemulian seseorang juga bisa dilihat dari sejauhmana dirinya mempunyai nilai manfaat bagi orang lain. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, " Sebaik-baik manusia di antaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain " ( HR. Bukhari ).
Buku "Rahasia Menjadi Manusia Kaya Arti"

Dari hadist di atas, seakan menjelaskan bahwa jika kita ingin mengukur sejauhmana derajat kemuliaan akhlak kita, maka kita bisa mengukur sejauh mana kita bisa memberikan nilai manfaat kepada orang lain?. Jika kita sudah menyadari dan mengetahui sejauh mana nilai manfaat yang telah kita berikan kepada orang lain tentu kita juga dapat memberikan nilai terhadap diri sendiri.

Paling tidak hal itu pula yang bisa saya simpulkan setelah membaca buku fenomenal karya Pakde Abdul Cholik yang berjudul “Rahasia Menjadi Manusia Kaya Arti”. Dari judulnya saja sudah jelas menunjukkan bagaimana kita bisa menjadi manusia yang bisa memiliki kaya arti. Makna “Kaya Arti” dalam kesimpulan saya adalah bagaimana kita bisa menjadi manusia yang bisa bermanfaat bagi yang lainnya.

Selain itu buku yang wajib dibaca oleh semua masyarakat Indonesia terutama oleh blogger Indonesia merupakan salah satu buku yang berisikan berbagai motivasi dalam menjalani kehidupan ini. Jika kita ingin menjalani hidup kita dengan penuh makna, maka membaca buku karya Pakde Cholik merupakan salah satu caranya. Dari sana kita akan mendapatkan berbagai manfaat serta hikmah yang luar biasa. Dan dari buku tersebut kita juga akan lebih tahu bagaimana menjadi manusia sejati.

Salah satu kutipan yang bisa saya tulis dalam postingan ini dari bukunya Pakde dan sebagai salah satu pengingat bagi sahabat semua adalah “Setiap orang sebaiknya selalu berusaha agar kehadirannya di dunia ini membawa membawa manfaat bagi orang lain. Walaupun ada kata bijak: tak ada manusia yang sempurna, namun ketidaksempurnaan itu hendaknya tidak dijadikan alasan untuk tidak berupaya menjadi lebih baik”.

Terima kasih Pakde, berkat buku ini saya menjadi lebih tahu dan mengerti arti sebuah perjalanan hidup, hidup ini akan menjadi lebih indah ketika kita bisa merubahnya menjadi indah. Untuk merubah hidup menjadi lebih indah, maka tak ada cara lain selain mengamalkan segala daya upaya yang kita miliki untuk kebahagian orang lain. Karena dari sanalah akan terlihat secara hakikiki makna dari kebahagian itu sendiri, yaitu kita akan bahagia ketika orang lain juga bahagia.

Mekaten Pakde, sedikit review dari buku “Rahasia Menjadi Manusia Kaya Arti” yang bisa saya tuangkan dalam bait-bait kalimat yang mungkin kurang tersusun dengan indah. Namun, harapannya semoga bisa bermanfaat untuk orang lain, sebagaimana spirit yang ada dalam buku tersebut. Amien.

No comments:

Post a Comment