Review Buku : Menjadi Guru Favorit




Menjadi seorang guru merupakan profesi yang sangat mulia. Karena dari seorang gurulah akan lahir generasi penerus bangsa yang cerdas, pintar serta bisa membanggakan yang nantinya sebagai pemegang tongkat estafet kepemimpinan bangsa Indonesia. Dari seorang guru juga, akan lahir generasi berkualitas bukan hanya kualitas ilmu pengetahuannya melainkan kualitas akhlak dan budi pekertinya. Oleh sebab itulah tak salah jika profesi guru merupakan salah satu dari sekian profesi yang paling mulia.




Menjadi seorang guru tidak hanya bertugas menyampaikan materi pelajaran dan ilmu pengetahuan. Jika hanya hal itu yang menjadi tugas seorang guru, maka siapa saja bisa melakukannya. Akan tetapi tugas seorang guru selain transfer ilmu pengetahuan, guru juga memiliki tugas untuk mendidik murid-muridnya menjadi seorang yang memiliki kepribadian yang unggul yaitu pribadi berakhlakul karimah.

Buku "Menjadi Guru Favorit"


Oleh sebab itulah, seorang guru harus benar-benar bisa menjadi seorang yang patut untuk menjadi teladan. Kalau dalam bukunya pak Akhmad Muhaimin Azzet dijelaskan bahwasanya untuk menjadi guru yang berhasil dan sukses dalam mengajar dan mendidik harus bisa menjadi guru yang favorit. Sedangkan ciri-ciri guru yang favorit diantaranya adalah:



Dekat dengan anak didik,membangun suasana menyenangkan, bisa berperan sebagai orang tua kedua, bisa menjadi motivator, bisa menjadi sahabat dalam belajar, memiliki kepribadian yang layak ditiru, memiliki kasih sayang terhadap anak didik, sabar daam mengajar, bisa membuat tertawa peserta didik, bisa menjadi seorang pembebas bagi anak didiknya, bisa menjadi pendengar dan penengah, tidak angkuh dan sombong, tidak ketinggalan zaman, mempunyai jiwa seni, bisa memberikan bantuan, tidak mudah menyalahkan anak didiknya, serta senantiasa menyenangi aktivitas dalam mengajar.



Harus diakui bahwa kreteria untuk menjadi guru yang favorit sebagaimana disebutkan diatas memang sangat banyak. Namun, memang hal itulah yang seharusnya dimiliki oleh seorang guru. Karena tugas dan tanggungjawab guru memang sangat besar dan berat, sehingga memiliki sifat-sifat diatas merupakan salah satu hal yang wajib ada dalam diri seorang pendidik.



Merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan jika kita bisa menjadi guru yang favorit. Bukan hanya akan menunjukkan sebagai seorang guru yang professional, akan tetapi juga akan menjadikan kita sebagai seorang pendidik yang betul-betul memahami tugas dan tanggungjawabnya menjadi seorang uswatun hasanah (teladan yang baik) bukan hanya bagi siswanya akan tetapi bagi masyarakat secara luas.



Maka dari itulah, bagi semua orang yang saat ini memiliki tugas dan tanggungjawab menjadi seorang guru/pendidik sudah saatnya untuk benar-benar menata niatnya yang tulus dan ikhlas untuk mengemban amanah yang sangat mulia tersebut.

No comments:

Post a Comment