Selamat Hari Perempuan Sedunia



Setiap tanggal 8 Maret, seluruh perempuan di dunia ini memperingati Hari Perempuan Sedunia atau dalam bahsa internasionalnya disebut Women Day. Menurut sejarahnya, dijadikannya tanggal 8 Maret sebagai International Women Day, karena pada tanggal yang sama di tahun 1917, perempuan di negara Rusia, untuk pertama kalinya mendapatkan hak suara dari pemerintah Rusia. Oleh sebab itulah, mulai saat itu peristiwa tersebut menjadi tonggak awal untuk memperingati hari perempuan sedunia.


Perempuan memang merupakan salah satu makhluk yang diciptkan oleh Allah dengan berbagai macam keistimewaan. Perempuan juga merupakan tiang negara, bahkan dalam ajaran Islam sering disebutkan  bahwa perempuan merupakan tiang negara. Apabila rusak perempuan dalam suatu negara, maka akan rusak pula negara tersebut. Apabila baik perempuan di suatu negara, maka baik pula negara tersebut. Hal tersebut menunjukkan betapa perempuan menempati posisi yang sangat strategis dalam hidup ini.
Gambar

Dalam kehidupan berumah tangga, perempuan (ibu) memiliki peran sentral dalam sebuah rumah tangga. Ibu merupakan kunci dalam membangun rumah tangga yang sakinah, mawaddah warahmah, ibu juga memiliki peran strategis dalam mendidik anak-anaknya. Baik dan buruknya pendidikan dan akhlak anak lebih banyak ditentukan bagaimana seorang ibu mnendidik anak-anaknya. 

Dalam berbagai kesempatan yang lain, perempuan memiliki fungsi dan peran yang sangat siginifkan dalam berbagai bidang, baik itu pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, budaya dan semua bidang kehidupan ini tak bisa dilepaskan dari peran seorang perempuan. Oleh sebab itulah, tidak mengherankan jika di dunia ini akhirnya dimunculkan hari peringatan bagi perempuan, yang bertujuan untuk menghormati keberadaan dan peran serta peermpuan dalam kehidupan ini.

Selamat hari perempuan sedunia, semoga perempuan menjadi lebih baik lagi dalam membangun peradaban dunia!

No comments:

Post a Comment