Belajar Nge-DJ

Memang mengasyikkan bisa mnegajar anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus, apalagi jika semua dilakukan dengan ikhlas dan senang hati. Tentu semua akan terasa ringan, apalagi jika kita bisa membuat mereka juga senang dengan pembelajaran yang kita lakukan, maka semua proses pembelajaran akan begitu mudah dijalankan dan bisa saling melengkapi. Maksud saya adalah, mengajar di SLB akan menjadi mudah jika kita bisa tahu dan bisa memberikan apa yang dibutuhkan oleh siswa.

Hari ini, pagi-pagi aku bisa dibuat ketawa bahagia oleh murid-muridku yang duduk di bangku SMALB jurusan Tuna Grahita Sedang (C1). Betapa tidak senang dan bahagia bahkan bisa tertawa jika polah tingkah mereka sangat lucu. Baru masuk ke kelas, aku segera mengajak mereka untuk berdoa bersama terlebih dahulu, setelah berdoa salah seorang murid bernama Era tiba-tiba maju ke depan meja guru dan mengajak toss..denganku, yaa agar mereka senang akupun mau diajak toss...teman-temannya yang lain pada kegirangan senang melihat apa yang kami lakukan.
 
Foto bersama anak-anak SLB N Ungaran
Setelah itu aku menuliskan materi di papan tulis, sambil menulis tiba-tiba Era bertingkah lagi, kali ini dia berperilaku layaknya seorang DJ di diskotik, dia mengangkat tangan yang kiri dan diletakkan disamping telinganya. Sedangkan tangan kanannya diputar-putarkan di meja layakknya memutar piringan musik yang biasa digunakan DJ beneran. Ditambah dengan memakai topi yang dikenakan dengan miring kaya gaya anak muda sekarang, dilanjut dengan bergoyang sekenanya. Sambil mulutnya mengucap suara seperti music-musik yang terdengar di diskotik..sambil sesekali dia bilang asyik-asyik-asyik...

Melihat hal tersebut  teman-temannya tentu saja tepingkal-pingkal, aku pun tak ketinggalan sampai bisa tertawa melihat polah tingkah siswaku yang gendut tersebut. Setelah selesai beraksi aku tanya dia, dia belajar dimana, dia bilang lihat di TV, terus aku tanya lagi bisa ajari bapak gak.langsung saja dia memperagakan aksinya lagi dengan lucu. Melihat hal tersebut sekali lagi  kelas jadi ramai karena banyak yang terpingkal-pingkal, begitu juga aku.Sungguh pagi ini aku merasa sangat terhibur dengan polah tingkah anak-anak.

Mungkin bagi kelas sekolah umum, hal ini tentu sangat tidak lazim tapi di SLB hal itu wajar-wajar saja, dan inilah merupakan salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh anak-anak SLB. Bagaimanapun juga, semua patut untuk di dukung dengan sepenuh hati. Makasih anak-anak, kalian semua memang sangat luar biasa.

No comments:

Post a Comment