Jum'atan di Masjid Ulul Albab Unnes

Untuk kali pertama hampir 12 tahun lebih selama hidup di ibukota provinsi Jawa Tengah baru pertama kalinya merasakan bisa menunaikan salat Jum;at di masjid kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes). Memang bukan tanpa sebab mengapa aku salat Jum'at di masjid kampus Unnes tersebut, bisa dibilang sejak di Semarang hampir 95% ketika salat jum'at selalu di masjid tercinta Al Ikhlas BPI Ngaliyan (tempatku dulu). Namun lain halnya hari ini, karena harus mengantar istri ke kampusnya untuk mengabil berkas dosennya, akhirnya dengan prediksi berangkat dari rumah jam 11 siang lebihs edikit, maka aku bisa sampai Unnes sekitar pukul 11,35 WIB.


Benar saja perkiraanku, sejak berangkat dari rumah kontrakan, kulihat mendung sedang memayungi kawasan kampus Unnes, dan belum juga sampai kampus hujanpun turun meskipun belum deras. Istripun akhirnya langsung ke kampus mengambil berkas dosennya sedangkan aku langsung menuju ke masjid Ulul Albab untuk mengikuti salat jum;at. Belum dimulai khutbah jum'at hujan deraspun turun dengan sangat lebatnya. 

Setelah ambil air wudhu aku segera menitipkan tas dengan diberi kartu pengambilan, setelah itu aku mencari tempat salat di bagian bawah bukan di bagian ruang utama salat yang berada di lantai dua. Sambil menunggu khutbah Jum'at dimulai, aku mencari tempat yang nyaman dan jauh dari kipas angin, karena badan agak meriang dan panas dingin. Awalnya aku merasa menemukan tempat yang pas di tengah-tengah antara kipas angin dibagian belakang dekat pintu keluar, tapi ternyata anginnya sampai juga dan membuat aku menggigil kedinginan. Akhirnya aku maju di shof paling depan, dan alhamdulilah tidak terkena angin dari kepas angin.
Masjid Ulul Albab Kampus Unnes Semarang

Yang membuat nyaman salat Jum'at di masjid Ulul Albab Unnes, bukan saja karena tempatnya bersih tetapi disana juag disediakan monitor agar jamaah yang berada di bagian bawah ruang utama salat bisa menyaksikan ketika khotib sedang berkhutbah. Di dalam ruangan yang aku tempati ada 3 monitor di bagian ruang dimana aku salat masing-masing sebalah kanan-kiri ada dua monitor TV sehingga bukan hanya jamaah bisa mendengarkan isi khutbah tetapi juga bisa melihat secara langsung orang yang berkhutbah.

Rangkaian salat Jum'at di masjid Ulul Albab kampus Unnes berakhir sekitar 30 menit, sama dengan masjid-masjid yang lain. Saat salah jum'at selesai ternyata hujan belum juga reda, akhirnya setelah ambil tas, akhirnya aku bersanati-antai dulu di masjid Ulul Albab sambil menikmati suasana masjid yang begitu adem dan nyaman.

No comments:

Post a Comment