Selamat Berjuang Calon Pemimpin Bangsa

Besok Senin 15 April 2013 semua siswa kelas 3 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat SMK/MA akan melaksanakan Ujian Nasional (UN). Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya UN masih dianggap sebagai salah satu bentuk evaluasi yang paling komprehensif untuk mengukur tingkat kemampuan peserta didik dalam mendalami ilmunya selama 3 tahun. Meskipun banyak pihak menilai bahwa hanya kemampuan kognitif peserta didik saja yang diujikan dalam UN, akan tetapi hal tersebut tidak mengubah kebijakan pemerintah bahwa UN merupakan satu-satunya metode evaluasi terbaik yang dimiliki pemerintah.


Meskipun perjalanan UN penuh dengan berbagai kontroversi, akan tetapi nyatanya UN tetap menjadi idola bagi sebagain pihak, baik itu tujuannya hanya karena ingin mendapatkan keuntungan dari proyek pelaksanaan UN maupun tujuannya memang benar-benar menjadikan UN sebagai alat evaluasi bagi kemmapuan siswa dalam belajar.  Dari balik itu semua, UN saat ini tetaplah menjadi bagian terpenting dari kurikulum pendidikan nasional.
Gambar

Oleh sebab itulah, saya pribadi berharap bahwa Ujian Nasional pada tahun ini akan berjalan dengan lancar dan tidak terdengar lagi berita-berita negatif tentang pelaksanaan UN baik itu soal kebocoran soal, maupun berbagai kecurangan yang dilakukan oleh siswa, guru, pengawas, maupun berbagai pihak yang berkepentingan  terhadap pelaksanaan ujian nasional. Semoga pelaksanaan UN tahun ini benar-benar bersih, jujur, transparan serta berkarakter.
Gambar

Selamat berjuang wahai calon pemimpin bangsa ini, jadikan Ujian Nasional ini sebagai wahana dan latihan bagi kalian untuk menjadi seorang pemimpin yang berkarakter. Karena ditangan kalian lah nasib bangsa ini akan ditentukan, jadilah generasi yang ulul albab.

No comments:

Post a Comment