Twitter Sang Presiden

Menjelang masa kepemimpinannya berakhir, Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono membuat heboh masyrakat Indonesia, terutama warga dunia maya yaitu dengan membuat akun Twitter. Ya, jejaring sosial media yang saat ini menjadi salah satu dengan pengguna terbesar ke dua di dunia setelah facebook saat ini juga telah menggoda sang presiden RI untuk ikut bergabung untuk menggunakannya.


Munculnya akun @SBYudhoyono milik pribadi presiden SBY maupun akun @Istanarakyat milik istana negara baru-baru ini memang memancing reaksi dari berbagai pihak. Ada yang menyambut baik munculnya akun tersebut dengan harapan masyarakat akan lebih leluasa dalam menyampaikan segala uneg-uneg, harapan, protes, saran, kritik, serta berbagai hal yang memang membutuhkan peran presiden maupun pihak istana demi kepentingan masyrakat.
Twitter SBY

Disisi lain, munculnya akun twitter milik SBY dan Istana juga dianggap sebagai bagian dari politik pencitraan yang dilakukan oleh SBY yang saat ini sedang mengalami penurunan citra karena banyak sekali kadernya di partai yang ia pimpin sedang terkena banyak masalah, terutama kasus korupsi. Dengan memunculkan akun twitter SBY dianggap mencoba untuk memulihkan citranya serta citra partai politi yang ia pimpin serta citra pemerintahan yang ia kendalikan agar menjadi lebih baik lagi.

Pro dan kontra akibat munculnya akun twitter presiden SBY dan juga pihak istana memang menjadi hal yang sangat lumrah, akan tetapi yang patut untuk menjadi perhatian bersama adalah akun tersebut bisa digunakan dengan sebaik mungkin. SBY maupun pihak istana juga harus rela, legowo dan ikhlas jika banyak para followers yang terkadang memuji atau bahkan menghina sesuka mereka. Dan inilah salah satu resiko yang memang harus diterima oleh pengguna twitter tak terkecuali presiden sekalipun.

Oleh sebab itulah, melalui tulisan ini, penulis berharap akun twitter @SBYudhoyono maupun @Istanarakyat agar dikelola sebaik mungkin. Penulis sadar SBY kemungkinan kecil dapat mengelola secara pribadi karena kesibukannya, pengelola akun milik presiden maupun milik istana harus benar-benar bisa memberikan berbagai informasi seperti apa yang diharapkan oleh sang pemilik akun sesungguhnya. Dan semoga kehadiran akun twitter milik pak SBY akan membawa perubahan lebih maju atas bangsa dan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik. Amien.

No comments:

Post a Comment