Ada Apa dengan Jum'at Kliwon

Ada apa dengan Jum'at Kliwon? hingga saat ini pertanyaan itu belum aku temukan jawabannya. Ada yang bilang bahwa Jum'at Kliwon terutama malam sebelumnya atau malam Jum'at Kliwon merupakan moment  dimana banyak makhluk halus yang keluar dan menampakkan diri kepada manusia. Sehingga tidak mengherankan jika datang malam Jum'at Kliwon akan terasa sepi karena banyak orang yang memilih untuk tinggal di rumah saja karena serem kalau keluar.


Keyakinan tersebut tampaknya hingga saat ini masih turun temurun, terbukti ketika malam Jum;at Kliwon di kota sekalipun terasa sepi tidak seperti malam-malam yang lain. Apalagi kalau di desa sudah pasti lebih sepi lagi, karena di desa keadaannya setiap malam memang selalu sepi. Tidak mengherankan jika kemudian malam Jum'at Kliwon dijadikan sebagai malam keramat bagi orang-orang yang mempercayainya. Bahkan ada juga yang saling percaya nya dengan keramat-nya malam Jum'at Kliwon dijadikan sebagai saat untuk mandi kembang tujuh rupa agar terhindar dari mara bahaya.
Gambar

Meskipun semua itu adalah  masih bersifat tahayul namun kenyataannya hingga saat ini sebagian masyarakat Indonesia terutama masyarakat Jawa banyak yang menganggap bahwa Jum'at Kliwon merupakan salah satu hari yang keramat. Paling tidak hal itu pula yang aku lihat pada Jum;at Kliwon hari ini, entah karena apa warung makanan langgananku tidak buka begitu juga penjual buah langganan dimana aku biasanya membelikan buah pepaya untuk Noofa juga tutup. 

Memang sih dalam beberapa hal aku juga sering mendengar bahwa penjual itu juga memiliki pantangan untuk tidak berjualan pada hari tertentu. Meskipun alasannya apa dan kenapa, akan tetapi aku menghargai semua itu. Dalam hal ini aku hanya bisa menerka-nerka, mungkin karena mereka memang ingin beristirahat karena kecapekan melakukan aktivitas rutin tiap harinya. Atau aku juga terkadang berpikir mungkin pada Jum'at Kliwon mereka punya agenda tersendiri. 

Dari semua itu aku hanya berusaha berpikir yang positif saja tentang Jum'at Kliwon karena pada dasarnya semua hari adalah baik, terutama adalah hari Jum;at merupakan salah satu hari yang dimuliakan dalam ajaran agama Islam. Sehingga aku ingin mengambil hikmah dari hari baik tersebut, karena bagiku di hari baik melakukan hal baik tentu akan semakin baik.  
Aby dan Noofa
Selain itu, yang pasti bagiku Jum'at Kliwon hari ini merupakan salah satu hari kebahagianku dan istri karena tepat pada hari ini Jum'at Kliwong 31 Mei 2013 merupakan hari genap usia putriku yang cantik Noofa berumur 8 bulan karena Noofa lahir pada tanggal 31 Agustus 2012. Dan berarti mulai besok pagi Noofa mulai menginjak di usia 9 bulan, doaku semoga ananda Noofa Adzkiya Putri Zain akan tumbuh menjadi anak yang sehat, dan kelak akan menjadi anak yang solehah amien ya rabbal alamien.

No comments:

Post a Comment