BBM Naik, Sembako Naik, Rakyat Miskin Menjerit

Keputusan bahwa harga Bahan Bakar Minyak (BBM) akan segera naik sudah bisa dipastikan, karena pemerintah telah memutuskan untuk menaikkan harga BBM dalam waktu dekat ini. Salah satu alasan utama mengapa harga BBM harus naik adalah agar APBN tidak jebol gara-gara mendanai BBM bersubsidi. Jika harga BBM tidak dinaikkan dikhawatirkan akan membuat APBN benar-benar jebol dan perekonomian Indonesia akan kcar-kacil.


Bahkan ada berita yang menyebutkan bahwa kemungkinan kenaikan harga BBM adalah pada bulan Juni ini setelah diadakannya pembahasan APBN-P 2013 di tingkat DPR. Jika hal tersebut sudah dilakukan kemungkinan besar BBM akan naik kira-kira pada tanggal 17 Juni mendatang. Meskipun banyak pihak yang menentang rencana tersebut, namun tampaknya tidak akan mempengaruhi keputusan pemerintah untuk menaikkan harga BBM. Diperkirakan bahwa harga BBM berkisar dibawah 6.500.
Gambar

Sebagaimana biasanya jika BBM benar-benar akan naik besar kemungkinan akan berdampak pada kenaikan harga sembako. Dan hal tersebut jelas akan membuat rakyat kecil semakin menjerit dengan keadaan ini. Hal tersebut juga akan menimbulkan banyak masalah, karena tingkat daya beli masyarakat jelas akan menurun karena tidak kuat untuk membeli kebutuhan pokok yang harganya naik. Itu artinya jika demikian akan melahirkan warga miskin baru.

Meskipun dalam rencananya pemerintah akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada rakyat miskin, akan tetapi tampaknya hal tersebut belum akan bisa menolong dari persoalan ini. Karena BLT sifatnya adalah sementara dan akan membuat rakyat kecil semakin malas karena hanya akan mengandalkan dan menunggu pemberian bantuan dari pemerintah. Jika itu terjadi maka yang akan terjadi adalah munculnya pengangguran-pengangguran baru.

Sebagai rakyat, aku hanya bisa berharap semoga rencana kenaikan harga BBM bisa ditinjau ulang, jikalaupun benar-benar naik semoga naikknya gak terlalu mahal. Bagaimanapun juga BBM merupakan salah satu kunci utama terhadap berbagai harga kebutuhan sehari-hari. Jika BBM nya naiknya mahal, besar kemungkinan harga-harga kebutuhan pokok jelas akan ikut meroket harganya. Semoga pemerintah bisa lebih bijaksana dalam menentukan kebijakan kenaikan BBM saat ini. Semoga!!!

No comments:

Post a Comment