Cagub Jateng Pilihan Anak SLB

Pesta demokrasi masyarakat Jawa Tengah akan segera digelar, pada Hari Minggu 26 Mei 2013 mendatang di Jawa Tengah akan digelar pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur. Semua warga yang mendapatkan hak pilih diharapkan akan menggunakan hak pilihnya dengan baik sesuai dengan hati nuraninya masing-masing. Karena bagaimanapun juga nasib kehidupan masyarakat Jateng 5 tahun ke depan sangat ditentukan pada pilgub 3 hari mendatang.


Pada Pilgub tahun 2013 ini ada 3 calon yang maju, masing-masing no urut 1 adalah Hadi Prabowo-Don Mordono, nomor urut 2 adalah incumbent Bibit Waluyo-Sudjijono dan nomor urut 3 adalah pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmiko. Ketiga pasangan tersebut sudah melakukan kampanye dan menarik simpati masyarakat Jateng. Lalu siapakah yang akan memenangi pertarungan perebutan kursi Jateng 1 hari minggu nanti.
Gambar

Tampaknya bukan hanya masyarakat umum saja yang telah memiliki pilihan sendiri, bagi pelajar juga telah menetapkan pilihan hatinya ke salah satu pasangan cagub-cawagub. Begitu juga dengan para anak didikku di SLB Negeri Ungaran, ada beberapa anak yang sudah masuk ke jenjang SMALB dan telah memiliki KTP juga akan menggunakan hak pilih mereka. Tampaknya mereka jyga sangat bersemangat menyambut hari pencontrengan dalam Pilgub nanti.

Hal tersebut terlihat saat tadi siang aku mengajar, dimana pada saat mengajar di kelas SMALB jurusan B (tunarungu wicara/bisu) saat mau habis pelajaran salah satu anak yang agak bisa bicara bertanya kepadaku akan mencontreng siapa dalam pilgub nanti?, sebelum kujawab kumalah balik tanya kepada mereka dengan sesekali kubarengai dengan bahasa isyarat, apakah mereka sudah punya hak pilih. Mereka pun menjawab sudah dengan menunjukkan KTP mereka, meskipun ada dua anak yang belum berKTP yang tidak punya hak pilih.

Lalu aku bertanya lagi kepada mereka, tentang calon yang akan dipilih? dari 6 siswa yang memiliki hak pilih? mereka semua dengan jujur mengatakan bahwa mau memilih no 3 dengan menganangkat 3 jari mereka dan mereka beralasan calon no 3 katanya paling ganteng, hehehheehhe. Mendengar jawaban tersebut aku hanya bisa senyum, lalu mereka gantian balik bertanya kepadaku aku akan pilih cagub no berapa...??? dengan sedikit bercanda aku lalu mengacungkan salam metal kepada mereka...lalu mereka ketawa dan mengajak toss...mereka mengira aku akan memilih no 3 padahal soal itu adalah rahasiaku hehehhehee.

Yang jelas aku merasa senang bahwa meskipun mereka anak-anak SLB tetapi mereka juga sudah tahu akan apa itu demokrasi, meskipun mereka memiliki kekurangan bukan berarti mereka tidak berhak untuk memilih. Bagaimanapun juga mereka adalah warga Jawa Tengah yang berhak mendapatkan haknya sesuai dengan undang-undang. Semoga apa yang akan dipilih oleh siswa-siswiku merupakan calon pemimpin Jateng yang amanah, amien.

No comments:

Post a Comment