Mengukur Jarak

Kurang lebih sudah dua minggu ini aku beserta keluarga kecilku telah menempati rumah kontrakan yang baru. Yang jelas rumah kontrakan yang baru lebih luas, dan lebih tenang karena berada di perumahan. Beda dengan kontrakan lama yang dekat dengan jalan menuju industri pabrik yang 24 jam tak pernah sepi dari suara bising kendaraan dan mobil. Namun, mungkin satu hal yang membuatku merasa sangat beda yaitu jarak dengan tempat kerja semakin jauh, hehehhee.


Oleh karena lebih jauh dengan kontrakan yang dulu, makanya saat ini aku berusaha untuk lebih pagi kalau berangkat ke tempat kerja di Ungaran. Hal itu sengaja aku lakukan karena takut terlambat dan mau sama teman-teman guru yang lain. Meskipun selama menempati kontrakan yang baru aku beberapa di tempat mengajar tidak telat, namun tetap saja karena jarak menjadi lebih jauh, tetap saja aku terkadang was-was kalau-kalau telat sampai tempat kerja.
gambar

Makanya sudah hampir seminggu ini, aku memang sengaja mengukur jarak tempuh antara rumah sampai kontrakan melalui 3 jalur yang berbeda. Jalur pertama adalah Ngaliyan-Cangkiran-Gunungpati-Ungaran. Saat hari Rabu minngu lalu, aku berangkat melalui jalur ini saat sudah kesiangan, dengan asumsi jalannya agak sepi waktu sampai Cangkiran -Gunungpati, dari kontrakan arah jarum di kilometer motor dua nomor terakhir menunjukkan di angka 37, setelah melalui perjalanan sekitar 1 jam ternyata kilometernya menunjukkan angka 63 saat sampai sekolahan , sehingga jarak tempuh antara rumah-tempat kerja via jalur Ngaliyan-Cangkiran-Gunungpati-Ungaran adalah 26 Km ditempuh sekitar satu jam perjalanan.

 Jalur kedua kutempuh pada hari Selasa kemarin, melalui jalur Ngaliyan-Manyaran-Kandri-Gunungpati-Ungaran, melalui jalur ini aku berangkat sekitar jam 6 pagi dan saat itu jarum kilometer motor menunjukkan angka di dua angka terakhir adalah 43 dan setelah sampai sekolahan jarum menunjukkan angka 71, itu artinya aku menempuh perjalanan sekitar 28km melalui jalur kedua dengan wkatu yang relatif sama selama satu jam.

Jalur ketiga yang kulalui adalah melalui Ngaliyan-Sampangan-Unnes-Ungaran. Saat berangkat tadi pagi jarum kilometer menunjukkan kilometer dua angka terakhir adalah 07, dan setelah melalui perjalanan rata-rata sekitar satu jam sampai di sekolah jarum kilometer menunjukkan angka 33. Sehingga kalau dijumlah kurang lebih jarak yang kutempuh 26 Km sama seperti jalur pertama. Dari ketiga jalur yang kutempuh setiap hari berangkat dan pulang kerja aku lebih banyak lewat jalur ketiga karena kondisi jalan paling bagus meskipun boleh dibilang paling ramai.

Sebenarnya ada satu jalur lagi yang bisa aku tempuh yaitu lewat kota Semarang-Ungaran, namun bisa dipastikan kalau tidak pagi berangkatnya pasti bisa terjebak macet. Kalau pulang lewat kota juga super panas jadinya ya milih yang enak-enak saja. Yang pasti jarak tempuh ketika aku kerja selama pergi-pulang lebih dari 50 km sendiri setiap hari, kecuali hari libur dan tidak mampir kemana-mana hehehehe. Semoga aku senantiasa diberi kekuatan dan kesehatan agar bisa menjalaninya dengan sabar dan senang. Amien.

No comments:

Post a Comment