Mendampingi Raker Guru

Selama  3 hari  yang lalu tepatnya Kamis-Sabtu 27-29 Juni 2013  aku berada di Kabupaten Pati,  tepatnya di daerah Kecamatan Sukolilo Pati deket pegunungan Kendeng. Di sana aku menemani seorang teman sekaligus memenuhi undangan dari teman lama yang mempunyai hajat dalam hal pendidikan. Tepatnya hajatnya adalah akan mengadakan Rapat Kerja (Raker) sekolah SMK Sultan Agung yang baru-baru ini didirikan.


Pada awalnya aku Raker akan dilaksanakan pada hari Kamis 26 Juni, akan tetapi aku ijin karena masih berada di Pekalongan di rumah mertua. Ternyata aku dapat kabar bahwa raker di undur dan aku diharapkan bisa datang ke Pati untuk mendampingi guru-guru yang baru saja di rekrut oleh temanku tersebut yang kebetulan memang diberi amanah dari yayasan Sultan Agung untuk menjadi kepala sekolahnya. Karena sudah kadung janji akhirnya aku menyatakan bersedia untuk datang ke Pati.

Berangkat dari Pekalongan habis duhur, dengan harapan tidak terlambat dan tidak ditunggu teman yang akan ke Pati bareng, maka aku geber motorku antara 80km/jam-100km/jam. Dan nyampai semarang sekitar jam 14.30, kalau dihitung dari rumah mertua samapai Semarang kutempuh dua jam. Sampai Semarang aku langsung mandi dan call teman untuk mengantar aku ke terimanl Terboyo karena ternyata aku sudah ditunggu teman yang dari Salatiga.

Tepat jam 15.30 aku sampai di terminal Terboyo dan bertemu dengan teman, sambil menunggu bis kami ngobrol-ngobrol dan ketika bis Nusantara jurusan Semarang-Kudus-Lasem datang akhirnya kami naik dan melanjutkan obrolan di dalam bis. Kurang lebih 1,5 jam perjalanan akhirnya sampai di terminal Kudus dan kami pun menunggu jemputan dari Pati. Sebelum magrib jemputan datang, tetapi ternyata teman dari Pati sekaligus menjemput kakaknya yang pulang dari Jakarta. Sehingga kami harus menunggu hingga jam 11 malam di terminal Kudus.

Sambil menunggu akhirnya kami bertiga mencari makan di dekat Simpang 7 Kudus, setelah selesai makan kami kembali ke terminal Kudus. Sekitar jam 11 malam, saudara teman saya baru datang dan kami langsung meluncur ke daerah Sukolilo Pati dan sampai di tujuan jam 00.30 dini hari. Kami akhirnya ngobrol-ngobrol sebentar kemudian tidur.

Pagi harinya sesuai dengan tujuan awal, saya dan temen dari Salatiga mas Aflah mendampingi guru-guru baru SMK Sultan Agung untuk raker yang sebelumnya kami berdua mas Aflah dan saya gantian untuk memberikan upgrading kepada calon-calon guru tersebut. Penyusunan program kerja ternyata sampai magrib belum selesai, sehingga harus ditunda hingga Sabtu. Dan sabtu pagi rapat pleno hasil penyusunan program kerja baru dilaksanakan hingga pukul 12 siang.

Setelah selesai dan salat duhur akhirnya saya dan mas Aflah berpamitan untuk kembali ke Semarang dengan seperti semula yaitu diantar sampai terminal Kudus. Sekitar pukul 17.00 sore akhirnya saya sampai di Ngaliyan lagi. Senang rasanya meskipun capek bisa berbagi pengalaman dengan para guru baru di SMK Sultan Agung Sukolilo Pati. Semoga mereka bisa menjalankan tugas dengan baik, amin.

No comments:

Post a Comment