SISI LAIN Jiah Al-Java

Header blog Sisi Lain
Jiah Aljava, pertama kali saya membaca nama ini saya sudah yakin kalau nama ini bukan nama asli, melainkan ini adalah nama pena. Jiah adalah nama yang terlahir dari singkatan nama panjangnya, dan Al Java merupakan sinonim dari kata Jawa, artinya Jiah ini blogger asal pulau Jawa, tepatnya Jepara – Jawa Tengah. Kali ini saya akan mereview blognya mbak Jiah AlJafara (nama akun Facebook) untuk memenuhi undangan kontes ungulan pakdhe kholik, karena mbak Jiah sudah mereview blog saya dengan baik. Terima kasih, mbak Jiah.


Blog dengan tagline SISI LAIN Karena Kita Punya Sisi yang Berbeda ini bertemplate blog dengan warna gelap, hitam dan hijau, dengan gambar header yang bagus berupa siluet seorang wanita, bila saya diperbolehkan untuk menebak, siluet tersebut seperti sosok KARTINI, mungkin mbak Jiah ingin menunjukkan kalau dia merupakan sosok Kartini masa kini dari JEPARA seperti RA Kartini sang pahlawan dari JEPARA. Template bernuansa gelap bagi saya pribadi menunjukkan bahwa sang pemiliki blog merupakan seorang yang misterius. Saya sendiri agak kurang nyaman dengan template yang gelap ini, karena tulisan postingan menjadi kurang akrab dibaca oleh mata. Tulisan untuk postingannya pun kecil-kecil. Walaupun berwarna putih, namun tetep kurang eye catching.

Saya sering mengikuti postingan-postingan mbak Jiah yang ternyata hampir 90% adalah postingan untuk lomba blog, yang terdiri dari fiksi dan non fiksi. Ini terlihat dari banyaknya banner yang terletak di sidebar blognya. Rajin sekali ya mbak Jiah mengikuti lomba-lomba blog. Wah kudu ditiru nih keeksisan kiprahnya didunia perkontesan. hehehehe

Tulisan mbak Jiah kebanyakan fiksi, saya memang kurang mahir dalam menulis fiksi maka ketika membaca tulisan mbak Jiah saya tergerak untuk belajar menulis fiksi dengan mbak Jiah. Kira-kira bersediakah dia mengajari saya? Mungkin juga karya-karya mbak Jiah sudah bisa dibukukan. Tambah mantap lah!!

Mbak Jiah ngeblog sudah lebih dari 3 tahun, sudah lebih lama dari saya. Tulisan yang dihasilkan pun sudah lebih dari 500 postingan tentu sebuah angka yang tergolong sangat banyak. Terlihat jelas ketika kita menghitung postingannya di blog archives yang ada di sidebar sebelah kanan. Sayangnya di blog ini tidak diselipkan labelnya, menjadikan saya menjadi bingung menghitung berapa kategori / label yang mbak Jiah tulis.


Blogger asal Jepara ini bisa dibilang sangat eksis di dunia maya, buktinya dia sudah mempunyai banyak followers yaitu 212 followers, pasti dia rajin blogwalking. Followersnya ada disebelah bawah postingan. PageRank blog sisi lain ini sudah 2 lho, bagus! Alexanya pun ramping sekali karena bisa menembus dan mempertahankan di rank 300an. Pertahankan ya, mbak!

Kalau speed loading, blog sisi lain ini lumayan berat. Mungkin karena kebanyakan banner atau memang header dan templatenya yang kurang bersahabat. Namun, tidak menjadi masalah bila sedang berada di area signal internet yang kuat. Hehhee..

Saran dari saya nggak banyak kok, mbak! Karena menurut saya blog mbak Jiah sudah bagus untuk kontennya, namun bila saya boleh saran, alangkah cantiknya bila template blognya diganti lebih terang, kan gak enak kalau gelap-gelapan terus… hehehe. Okey, itu dulu yang bisa saya review, sukses untuk mbak Jiah. Lanjutkan menulis!

MAIN KE BLOG SISI LAINnya JIAH AL JAFARA, YUK KLIK LINK INI.

No comments:

Post a Comment