Belajar Sambil Bersedekah

Moment ramadhan bagi umat Islam, adalah saat-saat dimana mereka biasanya akan melaksanakan berbagai amalan kebajikan dalam kesehariannya. Amalan kebaikan yang dilakukan tersebut tak lain adalah agar mendapatkan kelipatan pahala yang telah dijanjikan oleh Allah, swt dimana setiap orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala yang berlipat setelah melakasanakan ibadah dan amalan kebajikan.


Belajar merupakan salah satu bentuk amal dan ibadah yang sangat mulia, apalagi belajar yang dilaksanakan saat bulan ramadhan tiba. Tentu pahala bagi orang-orang yang belajar akan dilipatgandakan oleh Allah pada bulan mulia ini. Apalagi jika belajar tersebut diiringi dengan melaksanakan amal kebajikan yang lain yaitu bersedekah, maka hal tersebut tentu saja akan menjadikan ibadah orang etrsebut akan semakin baik karena melakukan dua kegiatan dalam satu waktu.

Ya, salah satu kegiatan tersebut adalah membayar zakat. Bagi sebagian besar orang mungkin menganggap bahwa membayar zakat merupakan kegiatan ritual semata. Namun, ketika itu dilakukan di sekolah maka hal tersebut bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran bagi siswa khususnya. Aku berusaha melakukan hal itu juga, dimana media zakat dapat aku jadikan sebagai media pelbelajaran bagi ana-anak yang memiliki kebutuhan khusus tersebut.

Karena pengumpulan zakat yang bertanggungjawab adalah guru agama Islam, maka mau tidak mau para siswa maupun orang tua mereka membayar zakat kepadaku dan kepada teman guru agama Islam yang satunya. Jika yang membayar zakat adalah siswa maka, mereka aku minta untuk mempraktekkan bagaimana cara membayar zakat terutama doanya. Mereka aku bimbing untuk membaca doa ketika berzakat, begitu juga bagi orang tua mereka yang kebanyakan juga tidak tahu bagaimana doa (niat) ketika berzakat, maka aku juga membimbing mereka untuk berniat.

Dalam hal ini aku berusaha agar mereka ketika kelak sudah bisa dan hafal niat berzakat, maka mereka ketika berzakat mereka tidak lagi dituntun namun secara mandiri mereka bisa melakukannya. Dengan hal itu aku berharap ke depan, khususnya anak didikku bisa mengamalkan apa yang telah aku berikan kepada mereka, bukan hanya soal doa dan niat zakat tetapi tatacara berzakat dan juga manfaat dari mengeluarkan zakat. Karena bagaimanapun juga anak-anak berkebutuhan khusus juga harus diberi bekal yang terbaik agar kelak mereka juga bisa melakukan hal terbaik juga, amien.

No comments:

Post a Comment