Bertemu Masyarakat Samin

Saat penelitian di Blora dua hari yang lalu, aku merasakan banyak sekali manfaat yang telah aku peroleh. Banyak pula ilmu dan penegtahuan baru yang selama ini tidak aku bisa dapatkan ketika aku di Semarang. Oleh sebab itulah aku memiliki sebuah janji akan menggunakan pengethauan itu sebaik-baiknya. Karena bagiku ilm yang aku dapatkan saat penelitian kemarin merupakan ilmu yang bila dirupiahkan maka tidak akan bisa untuk membelinya.


Salah satu hasil penelitian yang aku dapatkan yang sangat menarik adalah kajian tentang budaya masyarakat Samin Klopoduwur. Yaa, masyarakat samin memang menjadi topik yang menarik untuk dibahas, karena masyarakat samin memiliki berbagai keunikan yang itu tidak dimiliki oleh masyarakat di sekitarnya sekalipun. Karena berbagai keunikannya tersebut tidak salah jika kemudian Dusun Karangpace tempat dimana warga samin hidup menjadi tempa penelitian dari mana-mana termasuk saja aku hehehhehe.

Yang pasti aku merasakan kebahagiaan saat bisa secara langsung mendengarkan tentang sejarah timbulnya keberadaan suku samin tersebut. Kebahagiaan tersebut semakin bertamnbah saat aku bisa secara langsung datang di kediaman dan temapat pesebabanan warga samin. Aku juga sempat berdialog dengan salah satu keterunan Samin tersebut. Meskipun kurang lama ngobrolnya, akan tetapi aku sudah merasakan bahagia karena bisa berkunjung ke dusun samin.

Yang jelas dari apa yang aku lihat dan aku dengar secara langsung dari warga Samin, bahwa mereka hidup dengan penuh kesederhanaan dan apa adanya. Dan memang itulah ajaran yang selama ini mereka dapatkan dari pendiri mereka. Selain itu mereka juga masih menjaga dan melestarikan berbagai ajaran yang sangat baik jika digunakan oleh masyarakat saat ini. Salah satu ajarannya adalah tentang tidak boleh bermusahan satu dengan yang lain. Ajaran tersebut tentu sangat baik bila kita semua bisa menerapkannya dalam kondisi sekarang ini.

Masyarakat Samin merupakan salah satu diantara komunitas masyarakat tradisional dan suku yang masih menjalankan ajaran para pendahulunya dengan sangat baik. Selain itu mereka merupakan sebuah komunitas yang harus di jaga keberadaannya, karena mereka memiliki sebuah keunikan yang positif yang itu dapat dijadikan sebagai objek kajia keilmuan bagi masyarakat saat ini. Kita juga bisa belajar banyak dari orang samin, terutama dalam hal budi pekerti.

No comments:

Post a Comment