Garang Asem Kudus

Karena tiga hari selama di Sukolilo Pati tidak bisa internetan, maka hari ini aku memang berniat membuat postingan tentang cerita perjalanan selama aku di Pati. Kali ini aku akan menulis tentang kuliner lagi, tepatnya kuliner yang ada di daerah Kudus. Meskipun kudus kaya akan kuliner, terutama jajanan Jenang kudusnya yang sudah sangat terkenal, akan tetapi ada makanan yang tak kalah terkenalnya dengan jenang kudus yaitu Garang Asem.

Garang Asem khas Kudus sama terkenalnya dengan soto Kudus yang sudah terkenal di mana-mana, bahkan cababg soto Kudus juga sudah di buka hampir di kota-kota besar di tanah air. Namun kalau berbicara garang asem khas Kudus, maka tepatnya kita harus menyebut Rumah Makan Sari Rasa Kudus. Rumah makan yang berlamat di Jl. Agilkusumadya No. 20, Kudus Telp. 0291-442218 ini memang sudah sangat terkenal dengan menu garang asemnya. Meskipun kenyataannya berbagai menu juga di jual di rumah makan ini ada soto, pecel, dan lain sebagainya. Namun, memang harus diakui rumah makan yang sangat ramai dikunjungi oleh konsumen ini memang sudah terkenal dengan garang asemnya.
Gambar pinjem dari  Sini

Sebelum pulang ke Semarang, oleh teman dari Pati saya dan teman dari Salatiga (mas Aflah) diajak makan siang di Rumah Makan Sari Rasa Kudus. Setelah sampai di tempat ternyata memang mobil sangat susah untuk masuk karena banyaknya orang yang makan di rumah makan tersebut memang membawa mobil, meskipun banyak juga yang bersepeda motor. 
Gambar pinjem dari sini

Setelah kami parkir mobil kami bertiga langsung mencari tempat meja  yang kosong, dan ternyata memang sebagian sudah penuh, akhirnya kami menunggu sebentar konsumen yang tampaknya sekeleluarga yang sudah selesai makan. Akhirnya kami dapat tempat, dan langsung memesan garang asem 3 porsi. Setelah diantarkan oleh pegawainya segera kami bertiga membuka garang asem yang kelihatannya baru selesai di masak karena masih sangat panas sekali.
Gambar pinjem dari  Sini 

Mencium aroma garang asem yang masih panas, membuat nafsu makan semakin menjadi-jadi. Setelah kuamati ternyata garang asemnya tak sesuai yang aku pikirkan, setahuku garang asem yang pernah aku makan isinya adalah jeroan ayam, tapi kali ini ternyata isinya ada leher, paha, dada, ada juga iga ayam. Hemmm tak mau berlama-lama berpikir, langsung saja kusantap garang asem tersebut, sangat nikmat sekali sampai keringat keluar...

Dengan ditemani es teh dan juga krupuk, aku sangat menikmati kuliner tersebut. Apalagi edisi makan kala itu adalah edisi gratis hehehee. Yang jelas tidak sia-sia rasanya perjalanan ke Pati meskipun capek mendampingi raker guru, karena terbayar dengan menikmati aneka kuliner khas Pati maupun kuliner khas Kudus. Bagi pecinta kuliner, saya sarankan jika jalan-jalan melewati Kota Kudus dan sedang lapar, maka rumah makan Sari Rasa Kudus adalah pilihan tepat untuk menikmati lezatnya garang asem. Selamat mencoba!!!

3 comments:

  1. wah jadi inget makanan kesukaan bapaku...garang asem...:)

    ReplyDelete
  2. wew,,, marai ngiler tenan kie, enak bgt kayaknya..

    ReplyDelete
  3. Jadi kepengen makan siang ini aku mas.

    Juga kepengen ke Kudus langsung deh.

    hehehe, cari makan dulu wes.

    ReplyDelete