Malam Terakhir di Bogor

Menikmati malam terakhir di kota Bogor Jawa Barat memang terasa lama, lama karena malam ini merupakan malam penutupan acara Workshop Guru PAI tentang pengembangan bahan ajar PAI untuk SDLB. Dalam malam penutupan kegiatan di Bogor langsung di tutup oleh Kasubdit PAI SD/SDLB. Sebelum resmi ditutup Kasubdit memberikan arahan kepada seluruh peserta pelatihan agar menularkan ilmu dan pelajaran yang telah diperoleh selama mengikuti workshop kepada guru yang lain di daerahnya masing-masing.

Setelah resmi di tutup kegiatan yang tak biasanya dilakukan tentu saja acara foto bersama dengan narasumber, panitia, dan juga para peserta yang lain. Setelah acara foto-foto selesai, dilanjutkan dengan acara ramah-tamah dengan melengkapi administrasi kepulangan dan juga makan snack malam. Selain itu beberapa peserta juga terlibat obrolan ringan seputar persoalan di sekolah masing-masing begitu juga aku dengan teman-teman yang lain.

Sekitar pukul 10.30 malam akhirnya kami kembali ke kamar masing-masing untuk istirahat. Disela-sela istirahat kami yang dari Jawa Tengah terlibat perbincangan hangat seputar persoalan yang ada di sekolah kami masing-masing. Sambil menungu waktu untuk sahur ya akhirnya aku putuskan untuk menulis postingan ini. Apalagi ini merupakan malam terakhir aku berada di kota hujan, jadi sebisa mungkin aku bisa menuliskan pengalamanku selama berada di Bogor.

Banyak ilmu dan wawasan baru yang telah aku dapatkan selama mengikuti kegiatan ini, begitu juga aku juga mendapatkan teman baru yang berasal dari 5 provinsi dari Jateng, Jatim, Jabar, Banten dan DKI Jakarta. Semua itu merupakan pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan. Dan besok pagi kami harus kembali ke daerah kami masing-masing. Semoga kegiatan ini akan membawa berkah dalam hidupku, amien.

No comments:

Post a Comment