Marhaban Ya Ramadhan

Tak terasa bulan ramadhan akan segera tiba kembali, setelah menjalani aktifitas selama 11 bulan lamanya maka sudah tiba waktunya bagi kaum muslimin dan muslimat di seluruh dunia untuk kembali melakukan salah satu kewajibannya dalam menjalankan rukun Islam yaitu melaksanakan ibadah puasa ramadhan. Karena puasa ramadhan merupakan salah satu momentum paling tepat bagi umat Islam untuk memebrsihkan diri dari kotoran hati dan jiwa.


Puasa ramadhan merupakan salah satu ibadah yang sebenarnya sudah lama diwajibkan bagi orang-orang yang beriman bahkan sebelum Islam datang. Sebagaima firman Allah dalam surat al baqarah ayat 183

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepada kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa (Q.S al-Baqoroh:183).
Gambar minjem disini

Jika kita memperhatikan dengan seksama pesan yang akan disampaikan atau inti dari ayat diatas mencakup empat hal yaitu: tentang orang yang beriman, kewajiban berpuasa, definisi puasa serta tujuan dari puasa itu sendiri. Keempat hal tersebut merupakan satu rangkaian yang ada dalam ayat ke 183 surat al Baqarah. Dan ini penting untuk diketahui oleh semua umat Islam, karena ayat ini merupakan sebuah ayat yang secara langsung menyeru tentang kewajiban untuk berpuasa bagi umat Islam.

Marhaban ya Ramadhan, selamat datang wahai bulan ramadhan bulan penuh berkah dan kemualiaan, bulan penuh rahmah dan ampunan, semoga bulan ini saya dan seluruh kaum muslimin di seluruh dunia mampu mengisinya dengan ibadah dan perbuatan-perbuatan yang baik demi mengharap ridhoNYA agar di akhir ramadhan benar-benar bisa menggapai predikat sebagai hamba Allah yang  muttaqin. Amien!!!

No comments:

Post a Comment