Masak Kolak

Bulan puasa adalah bulan dimana umat Islam menjalankan ibadah puasa dengan sungguh-sungguh supaya bisa menggapai predikat sebagai seorang mukmin muttaqin. Begitu juga aku dan keluarga dengan menjalankan ibadah puasa dengan segenap keyakinan kami berharap kelak menjadi muttaqin di akhir ramadhan dan bisa seterusnya.


Bulan puasa kata orang adalah bulan peningkatan, salah satunya adalah peningkatan berat badan hehehe. Memang benar bahwa di siang hari saat puasa kita tidak makan dan minum, tapi saat sudah berbuka dan di malam hari biasa kita makan dan minum apa saja yang tersedia. Sehingga sangat benars ekali jika bulan puasa akhirnya bisa menjadikan sesoarng yang awalnya kurus bisa gemuk, karena sering makan malam hari dilanjutkan dengan tidur dan itulah yang bisa menyebabkan puasa mmebantu orang cepet gemuk.

Bulan puasa biasanya menu makanan yang disediakan beragam, salah satunya tentu saja minuman takjil yang sudah menjadi tradisi di Indonesia yaitu kolak. Yaa berbicaratentang kolak, maka aku juga pernah membuatnya sendiri lho dan rasanya tentu saja enak meskipun tidak seenak kolak masakan istri hehehehe. Akan tetapi pengalaman membuat kolak itulah yang menjadi sensasi tersendiri buatku, dan hal tersebut juga menjadikan aku lebih paham bagaimana mebuat sebuah menu makanan.

Tadi malam, karena istri sudah tidur dengan anak, dan karena ada bahan-bahan untuk kolak diantaranya adalah waluh, dan juga tape maka setelah pulang tadarusan aku mulai membersihkan waluh dan juga tape, kemudian aku masak air dan kucampur dengan gula jawa dan gula pasir yangs ebelumnya waluh yang sudah kubersihkan dan ku potong-potong kumasukkan kedalam panci. Setelah air mendidih dan seseskali aku bertanya kepada istri yang sedang tidur, maka kurang lebih satu sampai dua jam akhirnya kolak pun matang.

Setelah agak lama, akhirnya akupun mencicipi hasil karyaku bernama kolak, dan ternyata rasanya memang manis hehehehe (ya jelaslah dikasih gula jawa dan gula pasir kok), saat sahur istri pun akhirnya mencicipinya dan bilang cukup enak, hemmm dalam hati aku bangga bisa masak kolak hehehehe. Sekarang tinggal mencoba-coba masakan yang lain, siapa tahu ke depannya bisa jadi koki handal....hehehhe.

No comments:

Post a Comment