Batikku, Batikmu, Batik Kita

2 Oktober saat ini menjadi salah satu hari yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia, karena pada hari inilah Masyarakat Indonesia bisa merayakan atau memperingati salah satu hari yang sangat penting yaitu Hari Batik Nasional. Ditetapkannya 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional dikarenakan saat itulah UNESCO salah satu lembaga internasional yang bergerak salah satunya dibidang budaya telah menetapkan Batik sebagai salah satu warisan dunia yang berasal dari Indonesia.


Atas pengakuan tersebut masyarakat Indonesia tentu wajib berbangga karena salah satu karya luhur masyarakat Indonesia telah diakui oleh dunia internasional. Hal tersebut juga semakin mengukuhkan bahwa Batik merupakan produk asli Indonesia bukan produk buatan negara tetangga yang sering melakukan klaim terhadap berbagai budaya luhur bangsa Indonesia. Dengan diakuinya Batik sebagai warisan budaya dunia, maka secara otomatis akan menjadikan Batik lebih di kenal bukan hanya oleh masyarakat Indonesia saja, tetapi juga oleh masyarakat internasional.
Noofa Pakai Batik

Oleh sebab itulah peringatan Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober hendaknya dijadikan sebagao salah satu momentum bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi para pengrajin Batik sebagai sebuah batu loncatan dan motivasi untuk melahirkan produk batik yang lebih baik lagi. Atau kalau bisa setiap daerah harus mampu melahirkan produk batik sesuai dengan ciri khas daerah masing-masing. Hal tersebut sebagai salah satu cara untuk mempromosikan daerahnya tersebut, selain juga sebagai sarana untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Selama ini produsen pengahsil batik lebih dikenal di daerah Pekalongan, Solo dan Yogyakarta, meskipun banyak daerah yang juga memproduksi kain batik akan tetapi tidak seterkenal daerah-daerah penghasil batik tersebut. Oleh sebab itulah, ke depan masing-masing daerah harus bisa menghasilkan kain batik yang bisa dijadikan sebagai simbol daerah tersebut, selain juga sebagai sarana untuk meneguhkan eksistensi Batik sebagai warisan bduaya Indoensia dan budaya dunia.

Selamat Hari Batik Nasional, mari kita berbatik ria!!!

No comments:

Post a Comment