Kesaktian Pancasila

Hari ini adalah tanggal 1 Oktober 2013, sebuah hari yang katanya sangat bersejarah sekali bagi bangsa ini. Hari bersejarah tersebut adalah Hari Kesaktian Pancasila, kenapa disebut sebagai Hari Kesaktian Pancasila, ya karena Pancasila memang benar-benar sakti, buktinya apa? buktinya adalah hingga zaman dulu sampai sekarang Pancasila tetap menjadi satu-satunya ideologi bagi bangsa Indonesia. Bukan hanya itu saja Pancasila masih menjadi pandangan hidup masyarakat Indoensia.


Hari Kesaktian Pancasila sesungguhnya merupakan momentum bagi bangsa ini untuk kembali merenungkan, apa sesungguhnya intisari yang terkandung dalam Pancasila dengan lima sila di dalamnya. Karena bagaimanapun juga sila dalam Pancasila merupakan landasan dasar bagi bangsa ini untuk hidup dan bergerak dalam kehidupan ini. Bagi siapa saja yang mau mengamalkan nilai-nilai Pancasila ma bisa dipastikan ia akan bisa hidup dengan penuh kedamaian dan kebahagiaan.
Gambar

Lima sila dalam Pancasila sesungguhnya mengajarkan kepada kita akan pentingnya sebuah prinsip hidup, sebuah prinsip yang harus senantiasa dipegang teguh serta harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Karena harus kita akui bersama bahwasanya Pancasila memang telah memberikan kontribusi yang sangat besar bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Pancasila juga merupakan ideologi pemersatu dari berbagai ragam perbedaan yang ada dalam masyarakat Indonesia.

Singkatnya, Pancasila merupakan sebuah sumber nilai serta sumber kearifan bagi bangsa Indoensia. Masyarakat Indonesia yang senantiasa berpegang teguh terhadap nilai-nilai pancasila maka ia akan mampu menghadapi zaman yang serba modern ini. Karena dalam hal inilah Pancasila sebagai filter dan kontrol terhadap budaya modern yang saat ini benar-benar telah membuat perubahan arah dan tujuan bangsa Indonesia.

Momentum Hari Kesaktian Pancasila hendaknya dijadikan sebagai saran untuk memperbaiki diri, dalam artian mengembalikan semangat dan nilai-nilai pancasila sebagai sumber nilai bagi kehidupan ini.

No comments:

Post a Comment