Selamat Datang Ramadhan 1435 H

Marhaban Yaa Ramadhan, selamat datang kembali bulan penuh berkah, bulan penuh ampunan, dan bulan penuh pahala. Bulan ramadhan, bulan yang senantiasa dinanti-nantikan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia. Pada hari ini secara resmi Kementrian Agama Republik Indonesia melalui menteri Agama telah menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1435 H akan jatuh pada hari Minggu 29 Juni 2014. Meskipun demikian, pemerintah tetap menghargai umat Islam yang telah menjalankan ibadah puasa pada hari ini, maupun akan melaksanakannya besok.

Bagi sebagian umat Islam, bulan ramadhan dianggap sebagai bulan evaluasi, bulan introspkesi serta bulan muhasabah. Karena pada bulan ramadhan inilah biasanya umat Islam bisa menjalankan berbagai bentuk ibadah dengan khusyuk, tenang dan penuh dengan semangat. Bahkan pada bulan ramadhan-lah biasanya umat Islam akan meningkatkan kuantitas ibadah yang dilakukan. Oleh sebab itulah tidak mengherankan jika bulan ramadhan dianggap sebagai bulan peningkatan, yaitu peningkatan ibadah.

Pada bulan ramadhan pula, segala bentuk ibadah yang dilakukan oleh umat Islam akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT, baik itu ibadah rutin seperti salat lima waktu, salat tarawih, salat witir, maupun ibadah lainnya seperti tadarus al Qur'an, i'tikaf di masjid. Bukan hanya itu saja, ibadah sosial seperti sadaqah, infaq dan ibadah sosial lainnya senantiasa ditingkatkan oleh para pelakunya. Hal tersebut memang sangat berbeda dibanding dengan bulan-bulan sebelumnya.

Tak bisa kita pungkiri bahwa kehadiran ramadhan juga membawa berkah bagi semua orang, tidak hanya bagi umat Islam secara khusus tetapi bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. Sebagai contoh kongkrit adalah para pedagang makanan dan juga pakaian, dimana kedua pedagang ini akan laku sangat keras jika bulan ramadhan tiba. Begitu juga pedagang lainnya yang berhubungan dengan kegiatan pada bulan ramadhan juga akan dapat berkah yang luar biasa akan datangnya bulan suci ramadhan.

Bagi umat Islam sendiri, datangnya bulan Ramadhan tahun ini jelas menjadi moment yang sangat berharga karena bertepatan pula dengan moment akan dilaksanakannya pemilihan presiden. Oleh sebab itulah diharapkan Pilpres yang akan berlangsung bertepatan dengan bulan ramadhan dapat melahirkan pemimpin Indonesia yang amanah, amien.

2 comments:

  1. Selamat menjalankan ibadah puasa ya, Pak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sami-sami mbak, mohon maaf lahir bathin

      Delete