Menulis Itu Mudah Tapi Susah

Banyak penulis terkenal yang mengatakan bahwa menulis itu mudah, iya mudah sekali bahkan siapapun bisa menulis. Itu tentu saja pengertian sederhana dimana menulis memang sudah menjadi kebutuhan orang hidup, lebih-lebih menulis sms di HP, ya kan? namun, menulis dengan orientasi agar bisa dibaca oleh khalayak umum tentu membutuhkan keahlian agar tulisan yang dihasilkan bisa berkualitas dan tidak dianggap main-main atau dianggap sampah oleh para pembacanya. Dalam hal inilah pengertian menulis akan mengalami pergeseran makna.

Menulis bagi para blogger tentu sudah menjadi makanan sehari-hari, bahkan bagi blogger sejati tidak menulis sehari atau tidak membuat postingan dalam blog tentu akan merasa garing dan ada sesuatu yang kurang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Saya percaya dengan hal itu, karena saya juga pernah merasakan saat-saat itu, dimana ketika masih memiliki semangat 45 (hehehe), saya merasa bahwa menulis di blog sekali dalam sehari itu sangat kurang, karena di otak masih banyak berseliweran ide-ide yang ingin dituangkan dalam bentuk tulisan.
Gambar

Namun itu dulu, sekarang? bukan hanya karena kesibukan yang semakin banyak, semangat untuk menulis juga semakin menipis. Saya memang selalu berusaha membangkitkan semangat dan gairah untuk kembali menulis, minimal sehari sekali untuk mengisi postingan blog yang sudah beberapa hari bahkan hampir beberapa minggu tidak bertambah, apalagi saya memiliki sekitar blog, seharusnya jika satu blog satu tulisan maka minimal sehari harus bisa membuat 4 tulisan. 

Terus terang saya kecewa dan cemburu, kecewa karena tidak bisa merealisasikan janji kepada diri sendiri yaitu bisa istiqomah dalam menulis setiap hari, apalagi saat ini sudah mendapatkan salah satu gelar yang saya anggap gelar kehormatan yaitu menjadi "Blogger". Cemburu, karena teman-teman blogger lainnya bisa dengan mudahnya menghasilkan tulisan dalam blognya masing-masing, apalagi diantara teman-teman blogger tersebut banyak yang sudah menghasilkan banyak buku karya sendiri. Apalagi kepada Pakde Cholik, saya sangat cemburu (positif lhooo) karena diusianya yang sudah kepala 6 justru semakin produktif dalam menghasilkan karya....

Malu rasanya jika melihat senior-senior blogger yang bisa begitu produktif, sementara saya yang bisa dikatakan lagi usia yang masih hot untuk menulis justru mengalami degradasi semangat dalam menulis. Oleh sebab itulah dalam hal menulis inilah saya bisa mengatakan bahwa "Menulis itu mudah tapi susah" mudah jika kita memiliki niat dan semangat untuk menulis. Susah jika sifat malas senantiasa ada dalam diri kita. Sehingga jalan terbaik yang harus saya tempuh tentu saja memerangi rasa malas dalam diri saya sendiri, 

Semoga niatan untuk kembali ke jalan yang benar, yaitu jalan untuk menjadi penulis minimal menjadi blogger yang bisa istiqomah dalam menulis benar-benar bisa terwujud. Apalagi banyak sekali ide-ide yang masih terkubur di dalam kepala yang siap dijadikan sebagai bahan tulisan.

3 comments:

  1. beuh... saya malah sekarang lagi males banget lihat blog saya ha ha

    ReplyDelete
  2. wah bener banget , menulis memang mudah namun menuangkannya dalam arti kata bagus dan menarik memang susah bro

    ReplyDelete
  3. kalo saya menuli lirik tapi kadang gak yambung nikmatin ajh deh

    ReplyDelete