Belajar Berdagang

Salah satu profesi yang cepat membuat seseorang menjadi kaya adalah berdagang atau berjualan, berdagang apa saja yang terpenting selalu memegang prinsip halal. Halal barang yang dijual, juga halal cara menjualnya. Dalam ajaran Islam pun salah satu profesi yang sangat dianjurkan adalah berdagang sebagaimana yang telah dijalankan oleh Rasulullah SAW semasa hidupnya, terutama saat masih berada di Mekkah ketika beliau masih muda.

Saya sebenarnya juga ingin menjadi pedagang, salah satunya adalah berdagang kebutuhan pokok. Misalnya berjualan beras, atau kalau tidak pingin berjualan makanan. Saya pingin sekali memiliki sebuah warung makan sederhana, atau kalau ada modal besar pingin punya warung makan yang menyediakan berbagai menu nusantara. Karena saya berpikir bahwa berjualan makanan (warung makan) akan sangat laris karena setiap orang butuh makan, hehehhehe.
 
Penjaga kantin sekolah dari ibu guru (Dok. pribadi)
Belajar berwirausaha itu memang masih menjadi sebuah keinginan, karena saat ini hal itu belum bisa terwujudkan karena saya sekarang berprofesi sebagai pendidik. Pinginnya sih kalau ada modal dan sudah mapan ingin sekali membuka warung makan. Semoga ke depan keinginan saya akan terwujud. Oleh sebab itulah sebelum keinginan tersebut benar-benar saya wujudkan, saya belajar berjualan dulu meskipun itu saya lakukan sambil mengajar, yaitu menjadi angggota koperasi sekolah yang salah satunya jenis usahanya adalah membuka kantin sekolah.

Melalui kantin sekolah itulah saya sedikit demi sedikit belajar bagaimana caranya menjadi seorang pedagang, tentunya yang paling penting adalah manajemen berjualan dan manajemen keuangannya. Maklum terus terang saya masih nol soal hitung-hitungan dalam perdagangan. Karena harus mengitung modal, laba, harga pokok, harga jual, dan lain sebagainya yang bagi saya itu sesuatu yang sangat rumit sekali. Karena itulah dengan sistem setiap kelompok guru diberi kesempatan mengelola kantin sekolah dalam seminggu maka kesempatan itu saya gunakan untuk belajar bagaimana caranya berdagang dengan baik dan benar.
 
Aneka Jajajan buat siswa-siswi SLBN Ungaran (Dok. pribadi)
Yang terpenting bagi saya saat ini tetaplah menjalankan kewajiban saya sebagai pendidik sekaligus belajar bagaimana caranya berdagang meskipun itu masih kecil-kecilan dan masih dalam lingkungan kecil yaitu sekolah yang hanya melayani pembeli dari siswa dan orang tua siswa yang mengantar anak-anaknya ke sekolah. Namun saya berharap semoga hal tersebut dapat memberikan manfaat bagi saya ke depannya. amein.

4 comments:

  1. cita-cita berdagang saya sampai sekarang malah belum tercapai, semoga suatu saat nanti saya bisa belajar seperti bapak juga....

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo mas sama-sama belajar heheheheh

      Delete
  2. Jajal aku di smrg ,.. Tak buatke jajanan ben bisa dijual

    ReplyDelete