Kemerdekaan Sejati

70 tahun sudah bangsa Indonesia menikmati kemerdekaan dari penjajahan negara lain, baik itu dari Belanda, Portugis maupun dari Jepang. Sungguh merupakan suatu kenikmatan dan anugerah terbesar bagi bangsa Indonesia bisa merasakan dan menghirup udara kebebasan. Kemerdekaan yang saat ini dirasakan oleh bangsa Indonesia tentu saja tidak diraih dengan cara yang mudah, sebaliknya kemerdekaan Indonesia didapatkan melalui perjuangan yang penuh dengan pengorbanan, baik pengorbanan harta, benda, bahkan jutaan nyawa rakyat Indonesia menjadi taruhannya demi mendapatkan kemerdekaan.

Ketika bangsa Indonesia telah mencapai angka ke 70 kemerdekaannya, apakah saat ini rakyat sudah benra-benar mendapatkan kemerdekaan sejati? jawabnya adalah belum, karena saat ini rakyat belum bisa merdeka secara hakiki. Kemerdeakaan yang dirasakan selama 70 tahun ini adalah terbebas dari penjajahan asing dan tidak perang lagi. Akan tetapi saat ini bangsa Indonesia justru terjajah oleh orang-orang sendiri, yaitu para oknum yang dengan sengaja melakukan penjajahan kepada rakyat terutama rakyat miskin. Bentuk penjajahan tersebut adalah penjajahan dalam bentuk korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). 


Bukan hanya itu saja, rakyat Indonesia juga terjajah dalam hal ekonomi dimana harga-harga kebutuhan pokok tidak bisa terjangkau oleh golongan menengah ke bawah. Dalam sektor pekerjaan, banyak sekali masyarakat Indonesia yang belum bisa bekerja sesuai dengan bidangnya, sehingga tidak mengherankan saat ini banyak sekali terdapat pengangguran bukan hanya pengangguran dari yang tidak terdidik, golongan terdidik pun sangat banyak yang menjadi pengangguran karena minimnya pekerjaan.

Dalam masalah hukum bangsa ini juga belum sepenuhnya merdeka, dimana banyak sekali kasus-kasus hukum yang hanya berpihak pada orang-oran yang memiliki uang sementara bagi rakyat kecil keadilan hukum belum sepenuhnya bisa dinikmati. Sehingga tidak mengherankan penegakkan hukum merupakan salah satu hal yang sangat urgent untuk segera diperbaiki karena tanpa adanya perbaikan dalam segi hukum maka akan banyak sekali pelanggaran hukum baik yang dilakukan oleh masyarakat kecil maupun para pejabat.

Masyarakat Indonesia juga belum merdeka dalam hal kesehatan, karena saat ini kesehatan sangat mahal harganya. Betapa tidak meskipun saat ini pemerintah sedang menggalakkan kartu Indonesia sehat akan tetapi kenyataannya banyak sekali rakyat miskin yang belum bisa menerima manfaat dari kartu sakti tersebut. Kedepannya semoga pemerintah akan lebih memperhatikan sektor kesehatan agar masyarakat Indonesia bisa hidup sehat.

Kemerdekaan yang tak kalah penting yang seharusnya bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia adalah kemerdekaan dalam bidang pendidikan. Saat ini masih banyak sekali generasi penerus bangsa ini yang belum bisa mengeyam pendidikan secara utuh. Meskipun saat ini program pemerintah melalui beasiswa siswa miskin (BSM), bantuan operasional sekolah (BOS) maupun adanya kartu indonesia pintar (KIP) hal tersebut belum sepenuhnya bisa menjangkau seluruh anak-anak Indonesia yang membutuhkan pendidikan. 

Semoga pada hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 70 tahun ini akan dijadikan sebagai momentum bagi pemerintahan Jokowi-JK sebagai awal untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia yang sejati, yaitu merdeka dalam segala bidang kehidupan baik merdeka dari korupsi, kulusi dan nepotisme (KKN) dan juga merdeka di sektor lainnya seperti sektor ekonomi, sosial, budaya, kesehatan, hukum, maupun pendidikan. Tujuannya tak lain agar tercipta bangasa Indonesia yang maju dan tercipta masyarakat yang adil, mamur dan sejahtera, amien.

Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 70 tahun,  MERDEKA!!!

4 comments: