Ayam Berkaki Empat



Hari Senin 28 Maret 2016 di sekolah dimana aku mengajar SLB Negeri Ungaran di selenggarakan Ujian Sekolah (US) bagi jenjang SMALB. Kebetulan karena siswa SMA kelas 3 ujian, maka untuk kelas 1 dan 2 diliburkan. Karena ada beberapa guru kelas yang mengawasi ujian, maka aku mendapat tugas  dari kepala sekolah untuk mengisi kelas yang kosong yang gurunya sedang mengawasi ujian.

Kebetulan aku kebagian untuk mengisi kelas VII dan kelas VIII SMPLB jurusan Tunagrahita Ringan (C1). Karena kelas digabung menjadi satu maka aku isi aja dengan latihan soal sederhana. Bagi yang kelas VIII ku kasih pertanyaan seputar negara, ada soal presiden RI sekarang siapa? Lambang negara Indonesia apa? Dan lain sebagainya. Sedangkan untuk yang kelas VII aku kasih pertanyaan seputar dunia binatang. Misalnya, binatang berkaki dua contohnya apa? Binatang yang hidup di air contohnya apa? Dan lain sebagainya.
 
Anak Tunagrahita Ringan (C)
Setelah para siswa mengerjakan tugasnya, ku suruh ngumpulin di meja guru. Setelah ku baca satu persatu jawaban dari siswa, dalam hati aku tertawa karena jawaban mereka lucu-lucu. Ada jawaban tentang lambang negara Indonesia yang seharusnya harus dijawab burung Garuda, dijawab burung merpati, ada juga yang jawab burung merak. Ada pula jawaban tentang pertanyaan hewan berkaki empat yang seharusnya kudu dijawab sapi malah dijawab ayam. Meskipun banyak jawaban yang keliru dari siswa aku memakluminya karena memang kecenderungan anak-anak dengan ketunaan grahita akan sulit untuk memahami sesuatu, terutama yang berkaitan dengan materi pelajaran yang disampaikan di sekolah. 

Setelah aku selesai mengoreksi jawaban dari siswaku, aku mencoba mengulang pertanyaan dengan cara lisan, aku tanya langsung kepada beberapa siswa. Salah satu siswa dengan inisial (N) kelas VII aku tanya lagi tentang contoh hewan berkaki empat. Dia dengan mantap menjawab: ayam, pak. Mendengar jawabannya tersebut teman-temannya langsung pada ketawa, aku hanya tersenyum saja. Kemudian aku meminta temen sebelahnya (D) untuk menjawab contoh hewan berkaki empat yang dijawab dengan benar dengan jawaban sapi. 

Sebenarnya pertanyaannya begini:
Contoh hewan berkaki empat ....
a.       sapi
b.      ayam
c.       angsa

Pertanyaan tersebut dijawab oleh N dengan menyilang jawaban (b) yang seharusnya jawaban yang benar adalah (a). Kemudian sambil sedikit santai aku kembali bertanya kepada N, apakah dia pernah melihat ayam? Dia bilang pernah, lalu aku kembali bertanya kaki ayam ada berapa? Dia jawab lagi ada empat. Dengan jawaban dia teman-temannya kembali tertawa, kemudian aku memberi penjelasan singkat kepada N bahwa ayam itu kakinya dua bukan empat. Namun dia tetap ngeyel bahwa ayam berkaki empat. Akhirnya aku bilang kepada N, nduk nanti kalau sampai rumah kamu minta tolong sama orang tuamu atau kakakmu ya untuk menangkapkan ayam lalu dilihat kakinya berapa?
 
Anak Tunagrahita Sedang (C1)
Dari kejadian tersebut aku semakin sadar bahwa mendidik anak-anak berkebutuhan khusus memang butuh waktu dan kesabaran ekstra. Bagi anak-anak pada umumnya mungkin pertanyaan tersebut sepele, akan tetapi bagi anak berkebutuhan khusus, apalagi dengan ketunaan grahita baik yang ringan apalagi yang sedang sesepele apapun materi pelajaran akan menjadi berat jika tidak diberikan secara benar dengan metode yang tepat.
    

4 comments:

  1. Masya Allah, ladang pahala buat setiap guru yang sabar mendidik mereka ya..
    Oya, tadi awalnya kukira di pertanyaan lambang Indonesia, akan ada yang jawab ayam, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lambang negara.....tapi bukan ayammm berkaki 4

      Delete