Bintek Kominfo untuk Disabilitas

Selasa 5 April 2016 bertindak sebagai pengganti pendamping untuk acara Bimbingan Teknis Literasi TIK Bagi Komunitas Penyandang Disabilitas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Pusat Penelitian dan Pengembangan Literasi dan Profesi di Hotel MGSETOS Semarang.

Pagi hari jam 06.00 WIB aku berangkat dari Ngaliyan Semarang, sampai di sekolah SLBN Ungaran tepat jam 06.45 WIB. Setelah jam 07.00 WIB apel pagi aku segera mengumpulkan para siswa yang akan mengikuti Bintek ke Semarang. Setelah terkumpul ada lima anak 2 Tunanetra, 2 Tunarungu dan 1 Tunadaksa. Setelah berkonsultasi mengenai pemberangkatan kepada Kepala Sekolah akhirnya dissepakati berangkatnya ikut naik mobil anak kepala sekolah yang bekerja di Balai Kota Semarang. Pukul 08.00 WIB anak kepala sekolah datang, dan kami berenam akhirnya berangkat ke Semarang.
 
Ruang utama acara Bintek
Pukul 09.15 WIB kami akhirnya sampai di MGSETOS Hotel Jalan Gajahmada Semarang. Sampai disana saya tanya ke security dan di bilang tempat Bintek Kominfo ada dilantai 15. Melihat penampakan hotel MGSETOS tampaknya hotel ini belum sepenuhnya selesai pembangunanannya, karena di depan dan samping masih belum sepenuhnya rapi. Namun ketika masuk di dalamnya hotel ini tak kalah megah dengan hotel berbintang lainnya di Semarang. Anak-anak pada seneng karena baru pertama ikut pelatihan di hotel lagi, lantai 15 kata mereka. Sampai di lokasi acara, saya langsung mendaftarkan mereka dan masing-masing anak mendapatkan tas berlogo kominfo berisi blognote, pensil, bulpen. Habis mendaftar kami dipersilahkan masuk ruangan utama untuk mengikuti acara pembukaan.
Kelas Tunadaksa

Kurang lebih selama 1 jam acara pembukaan berlangsung, acara kemudian dilanjutkan dengan coffe break. Karena sebagai pendamping maka dari panitia kami diminta untuk mengambilkan snack dan minum untuk anak-anak didik yang kami bawa. Sebagai pendamping yang baik tentu saja saya lakukan, anak-anak sebagai peserta memang sangat dimanjakan oleh panitian penyelenggara kegiatan. Kurang lebih jam 10.00 WIB acara season dimulai. Kali ini peserta dibagi menjadi tiga kelas, kelas tunarungu, kelas tunanetra dan kelas tunadaksa. 

Setelah mengantar anak-anak yang tunanetra, saya lalu mengantar anak tunarungu di kelas yang telah ditentukan. Sedangkan saya sendiri memilih mendampingi anak yang tunadaksa. Karena tunaetra 2 jadi sudah punya teman, yang tunarungu juga 2, maka yang tunadaksa yang aku dampingi. Lagi pula anak tunadaksa yang aku dampingi memang belum paham laptop, sedangkan yang tunarungu justru sudah beberapa kali ikut lomba desain grafis jadi aku gak khawatir tidak mendampingi mereka.
 
Kelas Tunarungu
Kegiatan ini sendiri diisi dengan belajar mengoperasikan gambar bergerak, animasi atau programnya disebut  Scrath yaitu program yang secara sederhana digunakan untuk menggerakkan gambar. Saat mencoba pertama kali anak-anak kelihatan sangat menyukainya, karena dengan berbagai macam gambar disertai dengan efek gerak dan juga bunyi suara yang macam-macam. Setelah diajarai kurang lebih 1 jam, tepat pukul 12.00 WIB acara isturahat untuk makan siang sekaligus salat duhur bagi yang melaksanakannya.

Saat mau melaksanakan salat duhur inilah, yang kebetulan mushalla hotel berada di samping kanan hotel maka terlihat semarang dari atas hotel yang sangat indah pemandangannya. Apalagi kalau malah hari ya...pasti terlihat lebih indah kemerlip lampu-lampu kota Semarang. Kapan ya kira-kira akan kembali bisa ke hotel ini...??
Semarang dari lantai 15 hotel MGSETOS Semarang

Kegiatan ini dari Kominfo ini rencananya akan berakhir pada pukul 16.00 WIB. Setelah acara penutupan, maka kami rencananya menunggu jemputan untuk mengantar kami kembali ke sekolah di SLBN Ungaran. Semoga acara ini bisa bermanfaat bagi saya pribadi, khususnya buat anak-anak didiknya semua, amien.

2 comments:

  1. Masya Allah hebat sekali pak, saya sempat ngira itu foto diambil dari bukit Gombel, ternyata saya kurang teliti

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe mboten mas..niki dari hotel MGSETOS tempat pelatihan waktu anter anak2..hehhehe

      Delete