Selamat Hari Buruh



Minggu, 1 Mei 2016 merupakan salah satu hari bersejarah bagi kaum buruh internasional, tak ketinggalan pula di Indonesia. Karena hari tersebut diperingati sebagai hari buruh atau lebih sering disebut sebagai may day. Peringatan may day  sendiri di Indonesia juga ditetapkan pemerintah sebagai hari libur nasional sebagai bagian untuk menghargai jasa-jasa para pekerja terutama mereka yang bekerja di pabrik-pabrik maupun perusahaan-perusahaan.

Menurut sejarah, May Day (hari buruh) lahir dari berbagai rentetan perjuangan para pekerja untuk meraih sebuah martabat agar mereka bisa mengambil kendali ekonomi-politis dalam industrial. Lebih jauh lagi, lahirnya hari buruh dimulai saat perkembangan kapitalismeindustri di awal abad 19 yang menandakan perubahan ekonomi-politik, terutama di negara-negara kapitalis di Eropa Barat dan Amerika. Bentuk dari perubahan ekonomi-politik tersebut diantarnya adalah Pengetatan disiplin kerja, pengintensifan jam kerja, minimnya upah pekerja, serta minimnya kesejahteraan yang diberikan kepada pekerja di tingkatan pabrik. Hal itulah yang kemudian melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja.
 
Gambar
Selanjutya aksi serupa juga terjadi diberbagai negara Eropa dan Amerika, karena aksi buruh dilakukan pada bulan Mei, maka kemudian 1 Mei ditetapkan sebagai hari buruh. Hari Buruh dibeberapa negara dijadikan sebagai hari libur tahunan yang berawal dari usaha gerakan  para buruh untuk merayakan keberhasilan mereka dalam meningkatkan taraf hidup perekonomian dan sosial para buruh

Di Indonesia sendiri peringatan hari buruh sebenarnya sudah lama diperingati sebelum Indonesia merdeka. Namun pada masa pemerintahan orde baru aksi untuk peringatan May Day sering dikategorikan sebagai kegiatan yang melanggar aturan karena hari buruh selalu dikonotasikan dengan ideologi komunis. Baru setelah era Orde Baru berakhir, walaupun bukan hari libur setiap tanggal 1 Mei di Indonesia diperingati sebagai hari buruh.  Sebagaimana di negara-nagara lain peringatan hari buruh di Indonesia biasanya dilakukan dengan melakukan demonstrasi di berbagai kota.

Isi dari demonstrasi yang dilakukan oleh para buruh biasanya tak jauh-jauh dari permintaan kenaikan gaji serta kesejahteraan para buruh. Di kota-kota besar sebenarnya upah para buruh di perusahaan maupun pabrik biasanya sudah disesuaikan dengan aturan pemerintah dan kemampuan masing-masing perusahaan atau pabrik terkait. Memang sih sejauh yang saya lihat, masing-masing buruh di berbagai daerah tidak sama upahnya. 

Namun yang terpenting dalam peringatan may day bukan hanya persoalan demonstrasi untuk menuntuk uoah layak dan kesejahhteraan, melainkan semangat pantang menyerah para pekerja untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Selamat Hari Buruh!!!

No comments:

Post a Comment