Dua Tahun Jokowi-JK

Kamis 20 Oktober 2016 merupakan tepat dua tahun pemerintahan yang dipimpin duet Jokowi-JK. Masih banyak sekali PR yang harus diselesaikan hinggan 2019 nanti, namun sudah banyak pula yang telah dilakukan pemimpin yang sederhana dan merakyat tersebut. Keberhasilan maupun kegagalan pemerintahan Jokowi-JK sebenarnya terletak pada sudut pandang masing-masing orang, karena itulah sah-sah saja bila seseorang menganggap Jokowi dengan kabinet kerjanya telah berhasil. Dan sah pula jika seseorang menganggap bahwa pemerintahan jokowi belum berhasil dalam membawa Indonesia menjadi lebih baik.

Dua tahun pemerintahan Jokowi-JK memang disambut berbagai macam demonstrasi yang dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat, baik itu oraganisasi kemasyarakatan, mahasiswa dan lain sebagainya. Berbagai tuntutan juga dilayangkan oleh para demonstran kepada pemerintahan saat ini. Akan tetapi dari berbagai tuntutan yang ada lebh banyak mengarah pada penegakan hukum, pemberantasan korupsi serta peningkatan ekonomi.
Selama dua tahun ini memang tidak mudah bagi pemerintahan Jokowi untuk membuat semua orang puas dan terpuaskan. Karena bagaimanapun juga wilayah Indonesia tidak sekecil daun kelor, luas kepulauan Indonesia yang sangat luas ditambah jumlah penduduk yang diatas 200 juta tentu saja memiliki berbagai kepentingan masing-masing. Oleh sebab itulah, sangat wajar jika selama dua tahun pemerintahan presiden asal Solo tersebut masih jauh dari harapan masyarakat luas.

Meskipun demikian, kita dan khususnya saya patut berbangga dengan kepemimpinan presiden saat ini tanpa menafikan kepemimpinan presiden-presiden sebelumnya. Jokowi merupakan salah satu presiden yang sangat sederhana serta merakyat. Hal itu dibuktikan dengan seringnya Jokowi terjun langsung ke daerah-darerah untuk mendengarkan maupun mengekskusi langsung berbagai program kerja pemerintah. Jokowi juga terbiasa menyapa masyarakat dari semua golonggan tanpa membeda-bedakan. Hal itulah yang menjadi salah satu kelebihan presiden ke 7 negeri ini.

Berbagai kritikan memang hadir memperingati dua tahun pemerintahan Jokowi-JK. Akan tetapi kritikan tersebut hendaknya dijadikan sebagai masukan bagi pemerintah untuk bekerja lebih baik lagi. Dengan salah satu tagline "ayo kerja" diharapkan di tahun-tahun mendatang pemerintahan Jokowi akan semakin lebih baik. Sehingga cita-cita bangsa ini agar menjadi bangsa yang besar mandiri dan sejahtera segera terwujud.

Selamat kepada pemerintahan Jokowi-JK untuk tahun kedua, semoga senantiasa menjadi pemimpin yang amanah dan lebih baik dalam mensejahterakan masyarakat indonesia menjadi lebih maju dan makmur.

No comments:

Post a Comment