Hari Sumpah Pemuda

Jum'at 28 Oktober 2016 diperingati sebagai salah satu hari nasional, karena tepat tanggal 28 Oktober 1928 yang lalu terjadilah peristiwa bersejarah bagi bangsa ini. Peristiwa tersebut adalah Sumpah Pemuda, yaitu berkumpulnya para pemuda Indonesia dari berbagai daerah untuk menyatukan satu visi dan misi demi berjuang untuk meraih kemerdekaan. Peristiwa bersejarah tersebut akhirnya dikenal sebagai Sumpah Pemuda dan akhirnya pemerintah menetapkan tanggal 28 Oktober sebagai Hari Sumpah Pemuda yang hingga saat ini senantiasa diperingati.


Para pendidik SLBN Ungaran

SUMPAH PEMUDA

Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia
Sumpah Pemuda

Peringatan hari Sumpah Pemuda di sekolah-sekolah biasanya dilakukan dengan cara menggelar upacara bendera. Tak ketinggalan pula di SLB Negeri Ungaran juga diselenggarakan peringatan hari sumpah pemuda dengan kegiatan upacara bendera. Hanya saja berbeda dengan kegiatan upacara sebagaimana dilaksanakan rutin setiap hari senin maupun hari bersejarah lainnya. Karena bertepatan dengan hari jum;at, maka peserta upacara tidak memakai seragam baju melainkan memakai kaos olah raga. Yaa, setiap hari Jum'at memang jadwalnya adalah olah raga bersama. Akan tetapi beda untuk hari ini, karena hari besar nasional dan ada instruksi dari dinas bahwa setiap sekolah harus menggelar upacara, maka SLB Negeri Ungaran juga melaksanakannya.
 
Peserta Upacara
Karena sebelumnya sekolah tidak mengeluarkan pemberitahuan kepada orang tua siswa, sehingga meskipun hari ini hari besar nasional dan harus upacara tetapi para siswa tetap menggunakan seragam rutin hari jum'at yaitu kaos olah raga. Meskipun demikian upacara upacara tetap dilaksanakan walaupun siswa memakai kaos, tetapi para guru tetap memakai seragam lengkap lho yaitu seragam kebesaran korpri lengkap. Upacara juga berjalan dengan lancar dengan berbagai pernak-perniknya, apalagi petugasnya para siswa yang memiliki kebutuhan khusus, jadi  tidak sesempurna upacara ditempat-tempat atau dinas pada umumnya.
 
Hormat Grak
Dalam amanatnya pembina upacara menyampaikan sejarah singkat peristiwa sumpah pemuda, selain itu pembina upacara juga memberikan motivasi kepada peserta upacara agar senantiasa memiliki jiwa dan semangat muda agar dalam melaksanakan segala sesuatu bisa dilakukan dengan sebaik-baiknya. Karena pemuda biasanya memiliki semangat tinggi, bekerja keras dalam mewujudkan keinginan serta cita-cita yang didambakan.
 
Amanat Pembina Upacara
Peringatan sumpah pemuda memang tidak hanya bisa di isi dengan kegiatan upacara, akan tetapi bisa di isi pula dengan berbagai kegiatan yang positif yang bertemakan semangat kepemudaan. Oleh sebab itulah peringatan sumpah pemuda hendaknya dijadikan sebagai momentum untuk mengembalikan semangat para pemuda yang berjuang demi meraih masa depan. Selamat Hari Sumpah Pemuda, ditangan kalian bangsa ini dititipkan. 

4 comments:

  1. Replies
    1. iya, selamat hari sumpah pemuda kita kan masih muda ya kan my? hehhehee

      Delete
  2. Ikut memperingati juga walaupun sudah gak sekolah.. hehe..

    ReplyDelete