Gebyar Kemerdekaan; Lomba 17an Anak SLB

Setiap warga negara Indonesia berhak merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Apapun suku, agama, bahasa, budayanya asal warga negara Indonesia berhak untuk menyemarakkan hari Kemerdekaan. Begitu pula pada tahun 2017 setiap bulan Agustus rakyat Indonesia seakan berlomba untuk menyambut dan memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan yang pada tahun ini Indonesia telah genap 72 tahun merdeka.

Sudah menjadi hal yang lazim bagi masyarakat Indonesia, setiap bulan Agustus akan lebih semerak dibanding bulan-bulan lainnya, karena pada bulan inilah berbagai lapisan masyarakat baik yang berada di kota, di desa, di pedalaman, bahkan di luar negeri warga negara Indonesia mengadakan berbagai acara untuk menyambut HUT RI. Salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menyemarakkan HUT RI adalah dengan mengadaka berbagai perlombaan.
 
Persiapan lomba (doc.pribadi)
Tak ketinggalan pula di Sekolah Luar Biasa Negeri Ungaran Kabupaten Semarang Jawa Tengah juga mengadakan berbagai perlombaan untuk menyemarakkan HUT RI ke 72. Meskipun siswa-siswi SLBN Ungaran memiliki kebutuhan khusus dengan semua ketunaan, akan tetapi tidak mengurangi semangat mereka dalam mengikuti berbagai perlombaan yang diadakan oleh pihak sekolah. Berbagai lomba tersebut sebelumnya sudah ditetapkan berdasarkan kemampuan yang dimiliki oleh anak-anak berkebutuhan khusus.
Diantara lomba-lomba yang dipertandingkan bagi anak-anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Ungaran sebagai berikut:

Lomba Memasukkan Pensil dalam Botol
Lomba ini diikuti oleh hampir semua siswa mulai dari tingkat TKLB hingga SMALB, hanya saja dikategorikan sesuai jenjang dan juga ketunaan, yaitu jenjang TKLB, SDLB, SMPLB dan SMALB. Para siswa sangat senang mengikuti lomba ini, apalagi para orang tua siswa juga tak kalah heboh dengan memberi semangat kepada para putra-putrinya yang mengikuti lomba.
 
Memasukkan Pensil ke dalam botol (doc. pribadi)
Lomba Pecah Air
Lomba pecah air merupakan salah satu lomba yang rutin digelar setiap Agustusan di SLBN Ungaran, lomba ini merupakan salah satu lomba yang sangat ramai karena para peserta dituntut memecahkan air dalam plastik yang digantung dengan cara dipukul menggunakan batang pisang dan juga dengan cara mata tertutup. Wal hasil banyak siswa yang bisa memecahkan air tapi sekaligus terguyur air yang dipecahkan tersebut.
 
Pecah air (doc.pribadi)
Lomba Makan Krupuk
Lomba makan krupuk merupakan salah satu yang paling diminati dan paling ramai, karena pada lomba ini para peserta dituntut menghabiskan krupuk dengan cepat, siapa habis dulu dialah pemenangnya. Seperti lomba-lomba yang lain, lomba makan krupuk di SLBN Ungaran juga sesuai dengan jenjang dan ketunaan, mulai dari TKLB hingga SMALB semua ikut lomba dengan senang.
 
Makan krupuk (doc.pribadi)
Lomba Memindah Air 
Lomba ini juga diikuti semua siswa dari TK sampai SMA, caranya adalah memindahkan air dari ember ke dalam botol yang telah disiapkan oleh panitia. Dalam lomba ini kecepatan adalah kuncinya siapa yang cepat mengambil air dari ember kemudian di masukkan ke dalam botol hingga penuh dialah yang menjadi juara.
 
Memindah air (doc.pribadi)
Lomba Lari 50 m
Lomba ini diikuti oleh siswa-siswa yang sudah besar yaitu siswa SMPLB dan SMALB dengan kategori laki-laki dan perempuan. Lomba ini sejatinya juga bertujuan untuk mencari siswa yang jago berlari untuk dipersiapkan ketika ada lomba Porseni tingkat kabupaten maupun propinsi.
 
Lari (doc.pribadi)
Lomba Lompat Jauh
Sebagaimana lomba lari, lomba lompat jauh juga dikhususkan bagi siswa yang sudah besar, yaitu siswa SMPLB dan SMALB. Lomba ini selain untuk menyemarakkan lomba 17an Agustus juga bertujuan untuk menjaring atlit yang dipersiapkan untuk Porseni tingkat Kabupaten maupun Propinsi.
 
Lompat Jauh (doc.pribadi)
Lomba Meniti Balok
Lomba ini diperuntukkan bagi siswa-siswi TKLB dan juga SDLB. Lomba yang lebih mengutamakan keseimbangan dalam meniti balok ini juga merupakan salah satu jenis lomba yang bertujuan untuk menjaring atlit yang dipersiapakan untuk Porseni yang memang salah satu lomba yang dipertandingkan adalah lomba meniti balok.
 
Meniti Balok (doc.pribadi)
Selain itu banyak lomba-lomba lainnya yang dipertandingkan untuk menyemarakkan HUT RI yang ke 72 ini di SLBN Ungaran. Seperti lomba memasukkan bendera dalam botol, lomba kelereng pakai sendok, lomba boci, dan lain-lain. Meskipun bisa dikatakan para pesertanya memiliki kebutuhan khusus akan tetapi semangat untuk menyemarakkan HUT RI ke 72 patut untuk diacungi jempol. Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72; Indonesa Kerja Bersama.
Merdeka............Merdeka........Merdeka
 

3 komentar

aduh seneng lihat adik2 SLB ikutan lomba
semoga mereka sukses mas, amin

Reply

@ikrom Zayn iya bang betul, jadi gak mau kalah semangat, sama yang keterbatasan. hehe

Reply

https://1.bp.blogspot.com/-oDXwUpC4F04/WZztV3YszrI/AAAAAAAABsE/21PHIGN87Ys_Q0bsvLcMB1jaed4YBoO-wCLcBGAs/s400/Balok.JPG saya paling suka yang kaya gitu gan :D

Reply

Post a Comment