KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN GESPER


Sebagai seseorang yang bekerja di instansi pemerintahan, khususnya di sebuah lembaga pendidikan penampilan memang menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi menjadi seorang pendidik, sikap, perkataan dan tingkah lakunya tentu akan menjadi contoh bukan hanya oleh anak didik, melainkan juga bagi masyarakat di sekitar sekolah maupun di sekitar tempat tinggal.

Bukan hanya soal sikap, perkataan dan tingkah laku seorang guru yang akan menjadi perhatian bagi anak didik dan masyarakat, cara berpakaian pun sering menjadi perhatian. Oleh sebab itulah, tidak mengherankan jika cara berpakaian seorang guru senantiasa terlihat sopan dan rapi. Karena hal tersebut merupakan salah satu cerminan dari profesi seorang guru itu sendiri, yaitu seorang yang berilmu serta senantiasa menjaga sikap dan juga penampilan diri.
 
Rapi kalau guru memakai ikat pinggang :)
Berbicara soal penampilan, saya sebagai salah seorang guru yang mengajar di sekolah luar biasa (SLB) milik pemerintah senantiasa dituntut untuk berpenampilan yang sopan dan rapi. Agar penampilan saya menjadi lebih rapi, maka salah satu barang pelengkap pakaian yang saya pakai adalah ikat pinggang atau lebih dikenal dengan sebutan gesper. Gesper sendiri pengertiannya menurut Kamus Besar Bahaasa Indonesia adalah “gelangan besi dsb yg berlidah untuk menghubungkan (mengikatkan) ujung ikat pinggang dsb: ia berkata sambil mengunci”. Melihat pengertian tersebut sebenarnya gesper merupakan bagian atas (kepala) ikat pinggang yang biasanya terbuat dari plat besi atau kuningan sebagai pengunci dari ikat pinggang itu sendiri. Namun seiring berjalannya waktu banyak orang menyebut ikat pinggang dengan sebutan gesper saja.
 

Berbicara dalam konteks di lapangan, Gesper (ikat pinggang) merupakan barang yang wajib saya pakai selama menjalankan tugas sebagai abdi negara di lembaga pendidikan luar biasa selama kurun waktu kurang lebih hampir 10 tahun. Apalagi seragam dinas harian mulai hari Senin-Kamis merupakan seragam resmi yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah merupakan pakaian formal. Hari Senin seragamnya adalah keki, hari Selasa Batik Lurik, hari Rabu Batik Gedongsongo, hari Kamis Batik Ciprat untuk pakaian atasan, sedangkan pakaian bawahan untuk laki-laki adalah celana kain. Oleh sebab itulah gesper senantiasa saya pakai sebagai penunjang agar ketika memakai celana menjadi lebih aman dan nyaman.

Memakai gesper bagi saya memiliki banyak keuntungan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Membuat penampilan menjadi lebih rapi. Kenapa memakai gesper menjadikan penampilan seorang guru khususnya laki-laki akan menjadi lebih rapi? Jawabnya adalah karena seringkali seragam dinas yang dipakai guru mewajibkan pakaian atasan untuk dimasukkan. Itu artinya, jika baju dimasukkan ke dalam celana akan terlihat lebih rapi manakala seseorang memakai gesper. Sebagai contoh saya sendiri, setiap hari Senin, seragam dinas yang saya pakai adalah keki. Seragam tersebut merupakan pemberian dari Dinas Pendidikan Kabupaten dimana saya bertugas. Bukan hanya diberi kain untuk dijahit sebagai seragam, akan tetapi juga diberikan pelengkap berupa gesper khusus karena kepala gesper ada lambang dari pendidikan nasional Indonesia. Oleh sebab itulah gesper tersebut senantiasa saya pakai sebagai wujud loyalitas saya dalam mengabdi dalam dunia pendidikan.
  2. Merasa lebih aman dan nyaman. Menggunakan gesper menjadikan saya merasa lebih aman dan nyaman dalam berpakaian. Apalagi saat menggunakan celana kain sebagai pakaian resmi dalam bekerja, gesper seakan menjadi tali pengikat bagi celana yang saya pakai. Apalagi akhir-akhir ini berat badan saya cenderung menurun, yang berakibat pada beberapa pakaian yang saya kenakan menjadi lebih longgar apalagi celana saya. Oleh sebab itu agar celana saya tetap aman dan nyaman saat saya pakai, maka menggunakan gesper merupakan pilihan yang paling tepat yang saya lakukan. 
  3. Menjadikan penampilan menjadi lebih modis. Bukan menjadi rahasia lagi bila gesper saat ini menjadi salah satu asesoris pakaian yang sangat penting. Apalagi dikalangan para perjabat dan kalangan artis. Menggunakan gesper dengan berbagai bentuk, warna dan merk tertentu menjadikan penampilan mereka akan terkesan lebih modis, dan lebih elegan. Semisal bagi para pejabat negara yang senantiasa berpakaian formal ketika menjalankan tugasnya, tentu saja akan mnejadi lebih berwibawa saat celana yang mereka pakai dilengkapi dengan gesper yang berkualitas. Begitu juga bagi para artis, cara berpakaian mereka akan selalu menjadi trendsetter bagi para fans mereka. Oleh sebab itulah asesoris pakaian seperti gesper yang mereka pakai akan menjadikan penampilan mereka lebih modis. Bagi saya sendiri gesper tidak hanya saya gunakan ketika berkerja saja, akan tetapi ketika beraktifitas di luar pekerjaan saya juga senantiasa memakai gesper meskipun celana yang saya pakai adalah jenis jins, akan tetapi saya lebih percaya diri dan merasa lebih modis ketika memakai gesper.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan saat memakai gesper, bagi saya sendiri menggunakan gesper memang memiliki banyak keuntungan. Semoga manfaat ya..

Post a Comment