Mau Liburan? Ke Kabupaten Semarang Aja!




Weekend, merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang, karena di saat itulah biasanya kita dapat berkumpul bersama keluarga. Selain berkumpul menghabiskan waktu dengan keluarga, kita juga bisa mengisi weekend dengan mengunjungi tempat-tempat wisata. Bagi warga Jawa Tengah salah satu destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi adalah Kabupaten Semarang. Karena di Kabupaten ini banyak terdapat tempat-tempat wisata yang sangat menarik untuk dijadikan tujuan liburan khususnya bersama keluarga.

Lalu, distinasi wisata apa saja yang wajib dikunjungi saat singgah di Kabupaten Semarang? Berikut ini ulasan singkat tempat-tempat rekreasi yang ada di selatan Kota Semarang tersebut.

1. Candi Gedong Songo

Objek wisata Candi Gedong Songo merupakan salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Kabupaten Semarang. Gedong Songo berupa candi situs peninggalan umat Hindu yang dibangun sekitar pertengahan abad 9. Sebagaimana namanya (Gedong Songo) candi tersebut sebetulnya terdiri dari sembilan candi yang tempatnya tersebar di sekitar lereng gunung Ungaran. Akan tetapi saat ini Candi Gedong Songo hanya tinggal lima candi saja.

Candi Gedong Songo terletak di desa Candi kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Untuk mencapai lokasi candi Gedong Songo bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil. Bagi yang pingin ke sana bersama rombongan juga bisa dengan menggunakan bus. 


Salah satu pemandangan Candi Gedong Songo (Dok. Pribadi)

Salah satu yang paling menyenangkan saat berada di kawasan candi gedong Songo adalah kita disuguhi pemandangan alam lereng gunung Ungaran yang sangat indah dengan udara yang sejuk dan menyegarkan. Sehingga kita tidak akan merasa kelelahan meskipun berjalan dari satu candi ke candi yang lain. Jika kita tidak ingin berlelah-lelah berjalan, kita bisa menikmati indahnya candi Gedong Songo mulai dari candi 1 sampai candi 5 dengan cara naik kuda yang disewakan di sekitar tempat wisata tersebut. Jangan kuatir karena sewa naik kuda terbilang terjangkau dibandingkan dengan kepuasan yang kita dapatkan selama menikmati indahnya alam di sekitar candi.



Salah satu Candi Gedong Songo (Dok. Pribadi)

Bukan hanya keindahan alam saja, berbagai fasilitas juga tersedia di sekitar objek wisata candi Gedong Songo di antaranya adalah hotel dan penginapan yang tersebar di sekitar objek wisata Candi Gedong Songo dari hotel kelas melati hingga hotel berbintang tergantung kocek yang anda miliki. Selain penginapan dan hotel, untuk urusan perut, Anda tidak perlu khawatir karena banyak terdapat kios yang menjual berbagai jenis makanan maupun para pedagang asongan yang ada di seputaran candi pertama hingga candi terakhir. Tersedia juga banyak tempat buang hajat (toilet umum) di beberapa titik. Area parkir yang cukup luas di sekitar area wisata dapat menampung kendaraan para wisawatan yang datang tanpa harus mengantri panjang. Tak ketinggalan pula di sana juga terdapat tempat ibadah. Bisa dikatakan bahwa fasilitas yang ada di sekitar Candi Gedong Songo lengkap.

Sebagai tambahan bahwasanya jam operasional kawasan Candi gedong Songo adalah di buka sehari-hari dari hari Senin s/d Minggu mulai jam 06.00-17. 00 WIB. Sedangkan harga tiket masuk ke Gedong Songo saat ini adalah Rp. 10.000/Orang, murah kan? Cuma dengan cost yang cukup terjangkau, pengunjung bisa lihat satu di antara bangunan bersejarah yang mengagumkan dengan disuguhi panorama alam lereng gunung Ungaran yang demikian indah. Jadi sangat direkomendasikan sekali bagi anda yang ingin berlibur bersama keluarga dan orang terdekat ke Candi Gedong Songo Bandungan.

2. Museum Kereta Api Ambarawa

Salah satu destinasi wisata di Kabupaten Semarang yang terkenal adalah Museum Kereta Api Ambarawa. Museum Kereta Api Ambarawa merupakan sebuah stasiun kereta api peninggalan Hindia Belanda yang sekarang dialihfungsikan menjadi sebuah museum yang khusus menampung lokomotif kereta api yang sudah lama tidak terpakai. Museum kereta api sendiri terletak di Kota Ambarawa, sehingga kemudian banyak orang menyebut Museum Kereta Api Ambarawa.



Salah satu sudut di dalam Museum kereta Api Ambarawa (Dok. Pribadi)

Diantara hal yang menarik yang bisa kita nikmati di museum tersebut adalah masih terdapat satu kereta api uap dengan lokomotif nomor B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabriek Esslingen yang sampai sekarang masih dapat menjalankan aktivitas sebagai kereta api wisata. Bukan hanya itu saja, kita bisa secara langsung melihat dengan dekat berbagai macam jenis lokomotif kereta api dari zaman dahulu. Di sini kita bisa berfoto ria dengan latar belakang berbagai jenis lokomotif tua, insya Allah akan menjadi pengalaman manis dan terkesan.

Salah satu ruangan di dalam Museum (Dok. Pribadi)

Yang paling penting untuk diketahui adalah bahwa museum ini melayani kereta wisata dengan rute Ambarawa-Bedono PP dan Ambarawa-Tuntang PP. Kereta wisata rute Ambarawa-Bedono lebih dikenal dengan sebutan Ambarawa Railway Mountain Tour. Kereta wisata ini beroperasi mulai dari stasiun Ambarawa menuju Stasiun Bedono dengan jarak tempuh kurang lebih 35 km selama 1 jam untuk sampai stasiun Bedono. Keistimewaan dari perjalanan kereta wisata ini adalah panorama keindahan alam yang bisa dinikmati seperti pemandangan lereng Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu. 

Rombongan kereta wisata Ambarawa-Tuntang saat mengantar Siswa SLBN Ungaran Study Tour Desember 2016 (Dok. Pribadi)

Sementara itu pemandangan yang dapat dinikmati saat menaiki kereta wisata rute stasiun Ambarawa- stasiun Tuntang pun tak kalah bagusnya. Jarak tempuh antara stasiun Ambarawa menuju Stasiun Tuntang sekitar 7 km. Sepanjang jalan kita akan disuguhi pemandangan sawah dan ladang penduduk ambarawa dengan latar belakang Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, dan Rawa Pening. 

Foto bersama teman-teman saat Study Tour SLB N Ungaran Desember 2016 (Dok. Pribadi)


Di museum ini juga terdapat berbagai fasilitas, seperti kamar mandi umum, kantin, musholla, serta tempat belanja oleh-oleh. Sehingga selain berwisata, kita juga bisa belajar sejarah tentang perkereta-apian Indonesia. Jadi Museum Kereta Api Ambarawa sangat cocok dijadikan destinasi wisata pendidikan bagi keluarga maupun masyarakat umum.

Foto teman-teman guru di salah satu Lokomotif saat Study Tour SLB N Ungaran Desember 2016 (Dok. Pribadi)


Bisa dikatakan bahwa museum yang berada di Jl. Stasiun No. 1, Panjang, Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini merupakan salah satu tempat yang seru untuk dikunjungi. Alasanya adalah selain dapat berwisata, pengunjung juga akan banyak belajar tentang berbagai macam kereta api dan benda-benda yang berkaitan dengan lokomotif kereta. Di sana terdapat benda-benda bersejarah lain yang dapat dilihat di museum ini di antaranya 21 lokomotif uap, 3 diantaranya masih beroperasi hingga saat ini sebagai kereta wisata, telepon antik, alat telegram morse, bel antik dan yang lainnya.

Foto teman-teman guru di salah satu sudut museum Kereta Api Ambarawa saat Study Tour SLB N Ungaran Desember 2016 (Dok. Pribadi)

Sebagai tambahan informasi bahwa jam operasional museum adalah Senin s/d Minggu 08:00-16:00 WIB sedangkan tiket masuk ke Museum Kereta Api Ambarawa adalah Rp. 10.000/Orang dewasa dan Rp. 5.000/anak-anak. Jika ingin naik kereta maka bisa membayar Rp. 200.000/rombongan 20 orang bahkan bisa mencapai 5 juta untuk rombongan yang lebih banyak. Tertarik? datang saja ke museum Kereta Api Ambarawa, dijamin pasti senang!.


3. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti merupakan salah satu destinasi wisata pegunungan yang sudah sangat terkenal di kabupaten Semarang dan sekitarnya. Umbul Sidomukti terletak di lereng gunung Ungaran dengan ketinggian 1200 dpl, lokasinya berada di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Kawasan wisata ini memiliki pemandangan alam yang luar biasa, terutama yang jadi ikonnya adalah kolam renang dengan sumber mata air alaminya.

Jalan dari parkiran menuju kolam renang Umbul Sidomukti (Dok. Pribadi)

Daya tarik umbul Sidomukti yang utama memang pada empat buah kolam renang yang memiliki kedalaman yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya, sesuai dengan keinginan wisatawan. Dengan sumber yang alami, airnya dingin, jernih dan sangat menyegarkan. Selain kolam renang, di area wisata ini juga terdapat beberapa sarana lainnya seperti lintasan flying fox dengan dua pilihan track, marine bridge di lembah, rapeling menuruni lembah sisi kolam. Bukan itu saja di area ini juga sudah dibangun penginapan, restaurant, cafe pondok kopi, camping ground dan fasilitas outbond lainnya. Di sini juga tersedia jalur bersepeda, berkuda, jalur trekking serta terdapat pula Goa Tirta Mulya.

Salah satu area foto di sekitar Umbul Sidomukti (Dok. Pribadi)

Bukan hanya bisa menikmati air segar di empat kolam, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan lereng gunung Ungaran yang sangat indah. Selain hal tersebut, pengunjung juga dapat berseru-seruan dengan mencoba berbagai wahana permainan yang ditawarkan, mulai yang biasa sampai yang menantang. Namun jangan lupa sebelum bisa menikmatinya tentu pengunjung harus membayar tiketnya terlebih dahulu, adapun harga tiket masuk Umbul Sidomukti dan juga sewa wahana di sana bisa dilihat dibawah ini.

Harga Tiket Umbul Sidomukti Kabupaten Semarang


Tiket Masuk Senin-Jumat (Weekday) Rp 8.000/orang 
Tiket Masuk Sabtu-Minggu (Weekend) Rp 10.000/orang 
Taman Berani Rp 10.000/orang 
Wahana Rappeling Rp 10.000/orang 
Wahana Marine Bridge Rp 15.000/orang 
Wahana Highest Triangle Rp 40.000/orang 
Wahana Flying Fox Lembah Rp 18.000/orang 
Wahana Flying Fox Terusan Rp 35.000/orang 
Wahana Flying Fox Scream Rp 16.000/orang 
Sewa Kuda Rp 50.000/orang (30 menit) 
Motor ATV Rp 25.000-Rp 30.000/orang 
Camping Rp 18.000/orang 
Sewa Tenda Dome Rp 45.000/kapasitas 3 orang 
Matras Rp 5.000/orang 
Sleeping Bag Rp 8.000/orang 


Sekedar tambahan informasi bahwasanya jam operasional atau jam buka Umbul Sidomukti Semarang dibuka setiap hari mulai pukul 08.00-07.00 WIB di hari Senin s/d Jumat dan pukul 07.00-17.00 WIB pada hari Sabtu s/d Minggu. Bagi para pengunjung yang ingin menginap juga disediakan tempat menginap dengan harga sewa yang sesuai dengan type penginapan yang diinginkan oleh pengunjung. Yang pasti dijamin para wisatawan lokal maupun manca yang berkesempatan berkunjung ke Umbul Sidomukti tidak akan kecewa.

Pemandangan dari atas Umbul Sidomukti (Dok. Pribadi)

Bagi pengunjung yang suka kuliner, jangan takut kelaparan karena di sekitar di dalam area Umbul Sidomukti juga terdapat restaurant dan kantin untuk memenuhi kebutuhan perut. Di sekitar area Umbul juga banyak terdapat pedagang yang menjual aneka jenis makanan. Bisa dikatakan liburan ke Umbul Sidomukti akan menjadi salah satu liburan yang sangat menyenangkan. 

Salah satu kolam renang Umbul Sidomukti dengan pemandangan yang indah (Dok. Pribadi)


Okey gusy, itulah sedikit review tentang destinasi wisata yang sudah ngehits sejak dulu hingga saat ini yang ada di Kabupaten Semarang. Sebenarnya masih banyak tempat-tempat wisata baru lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi seperti Eling Bening, Bukit Cinta Rawa Pening, Banter Hills, Curug Bidadari yang menawarkan kebahagiaan bagi para pengunjungnya, dijamin kalian akan puas menikmati liburan di tempat-tempat yang fantastik yang ada di Kabupaten Semarang tersebut.

sources:
http://www.hargatiketmasuk.info/semarang/harga-tiket-masuk-candi-gedong-songo/
http://www.hargatiketmasuk.info/semarang/harga-tiket-masuk-umbul-sidomukti/

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog Pesona Kabupaten Semarang

4 komentar

saya pernah ke Bandungan, tapi sayang ga mengunjungi candi gedong songo

Reply

ayoooo ke gedong songo dan tempat2 lainnya di Kabupaten Semarang

Reply

seru bangettt yaaa piknik rame-rame :)

Reply

Waktu ke Umbul cuma liat2 doang, pas bawa bayi jadi ribet. Klao anak udah agak gedean seru nih ke sini.

Reply

Post a comment