ASTRA, INSPIRASI MEMBANGUN NEGERI


Menurut sejarah PT Astra International Tbk berdiri sejak tahun 1957 di Jakarta. Pada awal berdiri Astra bernama Astra International Inc, sejak tahun 1990 berubah nama menjadi PT Astra International Tbk. Sebagai sebuah korporasi perdagangan saat ini Astra memiliki nilai kapitalisasi sebesar Rp335,0 triliun pada tahun 2016 yang lalu, sungguh jumlah yang sangat mengagumkan sekali.

PT Astra International Tbk memiliki filosofi dalam berusaha yang disebut Catur Dharma dengan 4 nilai-nilai luhur yaitu (1) Menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara, (2) Memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, (3) Menghargai individu dan membina kerja sama, dan (4) Senantiasa berusaha mencapai yang terbaik. 

Bukan hanya berbekal filosofi dalam berusaha, PT Astra International Tbk juga memiliki visi yang sangat revolusioner yaitu: (1) Menjadi salah satu perusahaan dengan pengelolaan terbaik di Asia Pasifik dengan penekanan pada pertumbuhan yang berkelanjutan dengan pembangunan kompetensi melalui pengembangan sumber daya manusia, struktur keuangan yang solid, kepuasan pelanggan dan efisiensi. Dan (2) Menjadi perusahaan yang mempunyai tangungjawab sosial dan ramah lingkungan. Dalam rangka mewujudkan semua itu maka 

PT Astra International Tbk menjalankan sebuah misi untuk “Sejahtera bersama bangsa dengan memberikan nilai terbaik kepada stakeholder kami”. Bukan hanya itu ada cita-cita mulia yang ingin diwujudkan PT Astra International Tbk yaitu “Sejahtera bersama bangsa”. Sedangkan motto yang dimiliki PT Astra International Tbk adalah “Berjuang dan menembus segala tantangan untuk mencapai bintang”

Dengan senantiasa memegang erat nilai filosofi, visi, misi, cita-cita serta motto perusahaan itulah yang menjadikan PT Astra International Tbk mampu bertransformasi menjadi salah satu raksasa dalam dunia industri di Indonesia. Bukan hanya besar dan sukses di negeri sendiri, akan tetapi Astra telah bekembang menjadi sebuah korporasi level internasional. Hal ini tentu menjadi bukti bahwa perusahaan Indonesia mampu mengembangkan sayap hingga ke penjuru dunia.

Ada 7 jenis usaha utama yang dijalankan oleh PT Astra International Tbk, yaitu ;

pic by wolesbangetdotcom

1. Otomotif, dalam hal ini PT Astra International Tbk memiliki jenis usaha antara lain usaha dalam produk kendaraan roda empat, roda dua dan juga komponen lainnya. adapun jenis kendaraan roda empat Toyota, Daihatsu, Isuzu, UD Trucks, Peugeot, BMW. Adapun roda dua dengan merk Honda. Sedangkan komponennya diproduksi oleh PT Astra Otoparts Tbk. Adapula jasa produk lainnya berupa AstraWorld.

2. Jasa Keuangan, terdiri dari pembiayaan mobil (PT Astra Sedaya Finance dan PT Toyota Astra Financial Services), pembiayaan sepeda motor (PT Federal International Finance), pembiayaan alat berat (PT Surya Artha Nusantara Finance dan PT Komatsu Astra Finance), asuransi umum (PT Asuransi Astra Buana), asuransi jiwa (PT Aviva Life), dan jasa perbankan (PT Bank Permata Tbk).

3. Alat Berat dan Pertambangan, dalam hal ini Astra memiliki Produk dan Jasa Mesin Kontruksi (PT United Tractors Tbk dan PT Traktor Nusantara), Kontraktor Penambangan (PT Pamapersada Nusantra), Pertambangan Batu Bara (PT Tuah Turangga Agung), dan adapula Industri Kontruksi (PT Acset Indonusa Tbk).

4. Agribisnis, dalam bidang ini Astra memiliki usaha pengolahan Minyak Kelapa Sawit melalui PT Astra Agro Lestari Tbk.

5. Infrastruktur dan Logistik, dalam hal ini PT Astra International Tbk memiliki beberapa jenis usaha diantaranya Infrastruktur Umum (PT Astratel Nusantara dan PT Intertel Nusaperdana), Logistik (PT Serasi Autoraya), usaha Jalan Tol (PT Marga Mandalasakti, PT Marga Trans Nusantara, PT Marga Harjaya Infrastruktur, PT Trans Marga Jateng, PT Trans Bumi Serbaraja), usaha Pengelolaan Air Bersih (PT Pam Lyonnaise Jaya), usaha Pelabuhan Laut (PT Pelabuhan Penajam Banua Taka).

6. Tenologi Informasi, PT Astra International Tbk dalam kaitannya dengan usaha ini memiliki usaha Solusi Dokumen (PT Astra Graphia Tbk), usaha Layanan Kantor (PT Astragraphia Xprins Indonesia), usaha Solusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (PT Astra Graphia Information Technology).

7. Properti, PT Astra International Tbk dalam usaha ini bergerak dalam bidang properti dengan pengelola ( PT Menara Astra, PT Brahmayasa Bahtera, PT Samadista Karya, PT Astran Land Indonesia, PT Astra Modern Land).

Ketujuh jenis usaha PT Astra International Tbk diatas saat ini bisa dikatakan berjalan sesuai dengan harapan, karena masing-masing usaha bisa menjalankan bisnis dengan lancar dan sukses. Sehingga tidak mengherankan dengan berbagai jenis usaha bisnis tersebut PT Astra International Tbk dapat berkembang pesat menjadi salah satu korporasi besar di tanah air. 

Hal lain yang membanggakan yang dilakukan PT Astra International Tbk adalah soal realisasi Program Tanggung Jawab Sosial atau lebih dikenal dengan sebutan CSR (corporate social responsibility). Dalam program CSR tersebut bisa dikatakan bahwa PT Astra International Tbk telah melakukan yang terbaik bagi negeri ini. Terbukti dengan empat hal utama yang menjadi prioritas dari PT Astra International Tbk untuk merealisasikan program tanggung jawab sosial perusahaan. Keempat hal tersebut adalah dalam bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, serta pemberdayaan usaha masyarakat. Adapun dalam realisasi melibatkan 9 yayasan yang telah dibentuk oleh PT Astra International Tbk. Kesembilan yayasan tersebut adalah (1) Yayasan Toyota & Astra, (2) Yayasan Dharma Bhakti Astra, (3) Yayasan Astra Bina Ilmu, (4) Yayasan Astra Honda Motor, (5) Yayasan Amaliah Astra, (6) Yayasan Karya Bakti United Tractors, (7) Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim, (8) Yayasan Astra Agro Lestari dan (9) Yayasan Insan Mulia Pamapersada Nusantara.

Lebih jelas lagi dalam realisasi program CSR ini selama tahun 2016 yang lalu bisa dikatakan dengan sebagai progran Astra untuk Indonesia, diantaranya program CSR tersebut adalah: 


1. Astra untuk Indonesia Sehat (Bidang Kesehatan)

Untuk program kesehatan progran CSR yang telah dilaksanakan oleh PT Astra International Tbk adalah

a. Melakukan pengobatan gratis dengan Mobil Kesehatan Astra (MOKESA) dengan pasien yang telah diobati sebanyak 125. 818 orang

b. Pembinaan Posyandu sebanyak 1.577 buah

c. Donor darah dengan jumlah kantong darah sebanyak 216. 263 kantong darah.

d. Mewujudkan Kampung Berseri Astra sebanyak 49 kampung.

e. Generasi sehat Indonesia dengan cara donasi kaca mata kepada 15. 654 orang

2. Astra Untuk Indonesia Cerdas (Bidang Pendidikan)

Di bidang pendidikan PT Astra International Tbk telah melakukan hal-hal sebagai berikut:

a. Pembinaan Sekolah Astra sebanyak 15. 859 sekolah

b. Pembinaan Sekolah YPA-MDR sebanyak 61 sekolah

c. Pembinaan Sekolah Adiwiyata sebanyak 67 sekolah

d. Mengelola Rumah Pintar sebanyak 20 buah

e. Pembinaan Pendidikan Usia Dini 124 buah

f. Guru Binaan Astra sebanyak 40.284 orang.

g. Paket Beasiswa sebanyak 231.936 paket beasiswa

h. Paparan Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas sebanyak 23.730.800

i. Generasi Cerdas Indonesia dengan Donasi Tas sebanyak 3.039 buah dan Donasi Sepatu sebanyak 12.000


3. Astra Untuk Indonesia Hijau (Bidang Lingkungan Hidup)

Di bidang lingkungan hidup PT Astra International Tbk telah melakukan hal-hal sebagai berikut:

a. Penanaman Pohon sebanyak 4.444.947 pohon

b. Budidaya Mangrove sebanyak 1.103.493 buah

c. Luas Ruang Terbuka Hijau sebanyak 27.439 ha

d. Mengelola Bank Sampah sebanyak 17 tempat

4. Astra Untuk Indonesia Kreatif (Bidang UMKM)

Sementara itu untuk bidang pengembangan usaha utamanya bagi UMKM PT Astra International Tbk telah melakukan hal-hal sebagai berikut:

a. Melakukan pembinaan terhadap UMKM sebanyak 10.847 UMKM

b. Masyarakat Penerima Program sebanyak 97.641 orang

c. Menciptakan Lembaga Pengembangan Bisnis sebanyak 16 lembaga

d. Mendirikan Lembaga Keuangan Mikro sebanyak 10 buah

e. Serta melakukan Pembinaan terhadap kalangan difabel sebanyak 200 penyandang difabelitas.

Paling penting untuk menjadi catatan adalah program CSR yang digelontorkan oleh PT Astra International Tbk dengan empat program unggulan dalam bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan serta pemberdayaan usaha masyarakat tidak hanya tersentral satu daerah tertentu semisal di Pulau Jawa semata, melainkan tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Intinya bahwa PT Astra International Tbk berusaha untuk dapat berperan serta dalam membangun bangsa Indonesia melalui berbagai program sosial kemanusian. 

60 tahun lamanya kiprah PT Astra International Tbk bukan hanya dalam usaha bisnis, melainkan juga bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan yang berkelanjutan. Usaha yang telah dilakukan PT Astra International Tbk patut menjadi sebuah inspirasi karena telah berhasil berperan serta dalam membangun negeri.

Post a comment