6 Cara Sukses Menjadi Youtuber


“Pak, saya mau divideoin dong, ntar dimasukin ke youtube, biar kaya Zara Cute”. Ucap anakku. Memang anak saya ini sepertinya ada bakat untuk menjadi youtuber cilik. Tapi saya sendiri belum tega melihat dia menjadi youtuber dan menjadi konsumsi publik. Maksudnya jadi ngerasa kaya meng-eksploitasi anak sendiri walaupun sama sekali tidak ada niatan untuk seperti itu. Karena ini murni si anak yang berkeinginan sendiri. Sebenarnya sih, ada bagusnya saat anak berkreatifitas kita mendokumentasikan. Tujuannya tentu untuk dokumentasi pribadi. Kelak, jika dia sudah besar, akan ada kenang-kenangan yang bisa nantinya dia lihat dan untuk cerita di masa mendatang.

Nyatanya, saat ini banyak sekali youtuber cilik. Bahkan malah sepertinya mereka banyak sekali peminatnya. Anak saya saja sudah punya youtuber favorit. Haha. Makanya dia pengen jadi youtuber juga. Tiap hari nonton cerita anak dari youtube, baik yang bercerita tentang legenda maupun yang bercerita tentang karakter-karakter anak-anak.

Dewasa ini segala sesuatu bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Dengan akses internet seakan semua bisa dilihat, dibaca, kemudian ditiru. Bahayanya bila anak di bawah umur tidak diawasi. Positifnya, anak bisa menjadi lebih kreatif dengan menonton video-video tutorial bikin DIY atau montesori.

Youtube, semakin ke sini semakin menjadi salah satu search engine idola setelah google. Karena saat ini dengan melihat video youtube kita seakan menjadi aktor di dalamnya, misalnya saja ketika saya mencari tutorial edit video menggunakan handphone, saya sekarang lebih suka nonton tutorial via video youtube ketimbang baca blogpost. Alasanya sudah tahu sendiri kan ya kalau di youtube menonton visual apa yang kita cari. Lebih mengena ketika nonton ketimbang baca. Haha. Itu mah alasan aja bagi yang gak suka baca. Hihi

Balik lagi ke keinginan anak saya ini, sudah ada beberapa video yang diunggah ke youtube tentang kegiatan anak saya. Mencoba saja ada viewersnya apa nggak, dan ternyata sampe hari ini sudah tembus setengah juta lebih viewersya hanya dengan upload video anak saya beli es krim kemudian divideoin dan diupload ke youtube. Hihi (ternyata peminat video tentang eskrim banyak sekali).

Menjadi youtuber itu gampang-gampang susah. Yang memang punya banyak kegiatan seperti hobi kamu berhubungan dengan dunia per-video-an, yaa menjadi youtuber adalah salah satu pekerjaan yang dapat dilakoni. Kamu bisa menyalurkan berbagai macam hobi dan juga minat kamu melalui video unik yang kamu buat sendiri. mungkin... suatu saat nanti video kamu akan menjadi viral dan ditonton oleh banyak orang. Kamu akan menjadi terkenal dan bisa mendapatkan uang dari youtube.

Sudah banyak sekali orang menjadikan Youtube sebagai sumber pendapatan mereka, tentu dengan jumlah yang tidak sedikit. Mereka bisa mendapatkan penghasilan dari youtube tergantung pada jumlah pengunjung dan juga jumlah klik pada iklan yang terdapat di dalam video tersebut. Kalau belum dipasang iklan, yaa berarti belum bisa mendapatkan uang dari youtube. Para youtuber ini pada umumnya memiliki kreatifitas yang tinggi dan mampu membuat video yang viral di dunia maya, sehingga mereka bisa mendapatkan banyak jumlah klik pada iklan mereka.

Saya pernah ngobrol dengan youtuber dari Pemalang, mas Eko namanya. Saya kenal dia juga awalnya sama-sama sebagai blogger. Penghasilan dia minimal 7 juta sebulan, itu murni dari youtube saja. Wow! Tertarik menjadi youtuber? Saya sih belum, karena saya belum pede untuk ngomong sendiri di depan kamera, tapi sepertinya jika anak saya kepengen jadi youtuber, mungkin suatu hari saya dukung, dengan cara memberikan arahan yang baik dan konten video yang diunggah adalah video yang positif.

Oiya, menurut mas Eko, ada beberapa hal yang bisa dilakukan jika ingin menjadi youtuber sukses, di antaranya:
1.      Punya kamera
Kamera menjadi piranti wajib untuk seorang youtuber. Nggak harus kamera besar dengan lensa yang bagus. Kamera Handphone juga tak masalah. Yang penting bisa buat bikin video dan bisa untuk mengunggahnya. Kalau kata Mas Eko, dia  menggunakan handphone iphone x dan kadang menggunakan kamera digital untuk bikin video ini. Katanya iphone itu bagus, kamera stabil. Saya coba cari  tahu harga iphone x di blibli. Kali aja nanti bisa beli iphone x nya. Aamiin

2.      Buat akun Youtube yang Sesuai Passion
Yang paling pertama jika kamu pengen jadi youtuber, kamu harus punya niatan baik dan membuat akun youtube sesuai passion kamu. Misal, kamu hobi makan, bikin akun youtube kemudian bikin niche video review makanan yang kamu makan. Konon, kuliner menjadi salah satu niche favorit yang rame dikunjungi viewers.
3.      Buat akun Adsense
Bukan hanya akun Youtube saja, namun kamu juga harus membuat akun Google Adsense. Seberapa pendapatan yang akan kamu peroleh dari Youtube, akan dihitung berdasarkan jumlah klik yang dilakukan oleh para penonton video kamu nanti. Akun Adsense ini juga akan mengatur berbagai hal terkait dengan pembayaran kamu, termasuk cara dan juga pilihan jenis pembayaran yang kamu inginkan atas akun Youtube kamu tersebut.
4.      Meningkatkan Jumlah Views dan Subscribers
Caranya adalah dengan rajin promosi akun sosial media kamu, misalnya adalah sering mengungah video ke youtube yang berkonten menarik, unik dan tentu saja positif. Dengan hal iu tentu akan semakin menambah jumlah viewer dan subscribers kita, endingnya tentu akan membuat keuntungan bagi kita.
5.      Membuat Konten yang Positif
Sering kali kita jumpai yuotubers yang sering mengunggah video dengan konten negatif justru akan mendapat viewers dan subsribers yang banyak, namu tentu hal tersebut tidak menjadikan kita harus mengikutinya. Percayalah dengan senantiasa menguploud video yang berkonten positif ke akun youtube akan dicari dan dilihat oleh banyak sekali penggemar dunia maya. Dan tentu saja hal tersebut akan membawa berkah bagi kita.
6.      Sering endorse Produk Tertentu
Penghasilan yang bisa didapatkan melalui chanel Youtube saat ini yang sering dilakukan oleh pelaku dunia maya adalah dengan cara meng-endors produk tertentu. Hal tersebut bisa kita lakukan dengan syarat kita memiliki jumlah subscribers yang sangat banyak. Kenapa harus memiliki subscribers yang banyak? tentu saja karena pelaku bisnis tidak akan menggunakan akun youtube kita sebagai media promosi produk mereka jika akun kita sepi pengunjung.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa menjadi youtober yang sukses, tentu saja sukses dalam artian youtuber yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain dan mendapatkan keuntungan bagi pribadi. Intinya untuk bisa menjadi seorang youtuber sukses kita harus senantiasa konsisten dan profesional dalam mengelola akun tersebut dengan cara mengisinya dengan konten-konten yang unik, menarik dan tentu saja positif.

Post a comment